SALAM MESSAGE .n_n.

Selasa, 01 November 2011

CUMLAUDE 2013.. AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN ^o^

CUMLAUDE 2013... AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN





lulus cumlaude tuh gampaang banget caranya. Asal ada kemauan loh.. karena semua berawal dari niat. Jadi, mau tau tips saya biar bisa lulus cumlaude?. Cekibrot..


1. Ini paling penting. Soal kehadiran. Di kampus saya, tiap mau ujian tengah semester atau UAS, biasanya kehadiran jadi salah satu poin utama boleh ikut apa nggaknya ujian satu mata kuliah. Minimal 75 persen dari total kehadiran harus ada. Penuhi ini dulu, karena kalo nggak dipenuhin gimana kamu bisa ikut ujian?. Terserah caranya gimana, mau nitip absen kek, mau dateng bentar trus absen kek, atau gimana yang penting jumlah minimal kehadiran terpenuhi.

2. Ukur kemampuan!. Kalo Sun Tzu bilang dalam The Art of War, kenali dirimu sendiri dan kenali musuhmu maka kamu sudah memenangkan separuh peperangan. Teori ini saya berlakukan pas kuliah. Jadi, berdasarkan temen-temen seangkatan, ukur kemampuan kamu dibanding keseluruhan temen-temen. Penilaian akhir sama dosen biasanya dilakukan dengan menggunakan kurva normal. 20 persen A, 40 persen B, 20 % C, sisanya failed. Atau setidaknya seperti itu. Buat mata kuliah yang populer, hindari ngambil mata kuliah bareng temen-temen seangkatan kamu yang pinter-pinter. Karena, kuota buat ngedapetin nilai A atau B jadi makin dikit. Saya dulu, kalo ada matakuliah yang banyak diambil barengan sama temen-temen yang pinter, biasanya saya ambilnya semester berikutnya. Di semester itu, saya justru ngambil mata kuliah nggak populer, tapi saya suka dan dikit peminatnya. Dengan menghitung kemampuan, trus melakukan strategi (dalam hal ini komposisi mata kuliah yang diambil tiap semesternya) maka kamu siap bertanding!. Inget yaa, ini nggak berlaku kalo sistem kuliahnya udah fix semester ini harus kuliah ini, semester itu kudu kuliah itu.

3. Kenali dosenmu, be recognized!. Kenal dosen itu penting, apalagi karakternya. Tanya sama kakak angkatan, dosen ini gimana tipenya. Di kampus saya, dosen yang selalu menerapkan nilai A asalkan kehadiran 80 % dan ikut ujian tengah semester dan UAS berapapun nilainya selalu penuh kelasnya dan jadi favorit. Manfaatkan peluang ini, cukup memenuhi kehadiran dan ujian.. dapet A deh. Tapi ada juga beberapa dosen killer. Saya ngalamin dosen yang kayak gini. Tips selanjutnya adalah : be recognized!. Nggak penting kamu kenal dosennya, karena yang penting justru bagaimana dosen itu mengenali kamu. In positive way tentunya.. Misal, duduk selalu didepan, tampak rajin mencatat, berani jawab pertanyaan kalo ditanya sama dosennya, tugas ngumpulin terus, proaktif mengajukan pertanyaan berbobot saat kesempatan bertanya, daan banyak lagi caranya. Ada satu dosen yang saya inget terkenal banget killernya, galak, telat 5 menit nggak boleh masuk, di awal perkuliahan selalu diawali dengan pertanyaan dan asal tunjuk, kalo nggak bisa dijawab dianya marah-marah dengan nyindir. Nah tahu gini, saya catet semua apa yang diomongin pas kuliahnya, apapun itu!. Trus tiap diminta nanya, saya selalu usahakan nanya. Pas ujian, modal saya cuman dari catetan aja, nggak pake buku teks dan lain-lain. Dan pas pengumuman akhir, cuman 2 orang yang dapet A diantara temen sekelas yang jumlahnya puluhan. Saya satu diantaranya.

4. Bertemanlah yang banyak!. Seriusan, ini salah satu tips biar kamu berhasil. Setidaknya, kamu kudu punya temen-temen dengan tipe kayak gini :

a. Tukang nyatet. Apapun yang dibilang sama dosen, dicatet. Apapun gambar yang ditampilkan, dicoba digambar sendiri. Tujuannya, semisal catetan kamu nggak lengkap kamu bisa ngopy dari dia. Serius!! beberapa kali kuliah saya cuman modal minjem, eeh ternyata menolong pas ujian

b. Si Pintar. Ini bisa dimanfaatkan kalo kamu nggak ngeh apa yang dikuliahin, kamu bisa nanya ke dia. Biasanya dia bisa ngejelasin dengan bahasa yang-bahkan-orang-geblek-kayak-saya bisa pahami.

c. Si perfeksionis. Ini berlaku kalo pas ada tugas kelompok. Punya temen dengan tipe perfeksionis, biasanya kerjaan kelompok dia sendiri yang paling bersemangat. Maunya dikerjain sendiri, karena dia takut kalo nggak sesuai standarnya (yang biasanya standarnya juga tinggi). Jadi, enak kaan.. nggak perlu kerja ekstra, setor muka aja pas kumpul-kumpul, jadi deh tugasnya!.

d. Nerd, alias kutu buku. Biasanya orang kaya gini rajin fotokopi, minta nitip aja fotokopiannya!.

e. Temen se geng.. naah ini penting banget. Buat nitip tanda tangan, buat nyalin tugas atau laporan praktikum, buat ngasih tahu jawaban kuiz, pokoknya kalo ce esan sama anak-anak kayak gini kelar deh tugasnya!. Kan ada pepatah bilang, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Kalo gw ada tugas berat, pinjem donk cing!

5. Dari semuanya yang terpenting, tanyakan tiga hal ini ke diri kamu :
a. Apa tujuan kamu kuliah?. Cuman nyari nilai?, lulus tepat waktu?, emang nyari ilmu?, aktualisasi diri?, atau memenuhi kewajiban sama orang tua?.. semuanya kamu sendiri yang tau.
b. Apa bedanya kamu seusai lulus kuliah dengan kalo kamu nggak kuliah?. maksudnya, kalo nggak ada bedanya yaa sami mawon, mending nggak usah kuliah.
c. Apakah kamu bahagia dengan kuliah kamu dan apakah kamu peduli?. Ini adalah intinya. Kalo kamu dari awal udah nggak suka, nggak bakal enjoy deh!. Beruntung, orang tua saya dulu nyuruh saya kuliah cuman satu syaratnya : kamu seneng nggak sama pilihan kamu?. Kalo dah seneng, apapun itu pasti jalaninnya gampang kan?. It called passion beibeh..


Dari blog nya kak Gaphe
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trims ya sudah berkenan ninggalin jejak di Memories of My Life .n_n.