SALAM MESSAGE .n_n.

Sabtu, 31 Maret 2012

TAKUUUUUUUUUUUUUUUUUUUT

YA ALLAH...
Aya musti cerita sama siapa kalau bukan kepada-Mu????
Hiksss........... Adakah yang akan membela dan menguatkan saya Ya ALLAH....???
Hanya dengan-Mu hatiku PLONG dan merasa bebas serta aman bercerita.... Aman berkeluh kesah dan aman untuk mengutarakan alasan SEJUJUR-JUJURnya... Karna hanya Engkau yang mendengarkan kisahk Aya dengan Khidmat tanpa marah atau menyudutkan Aya ya ALLAH....

Bahkan Aya takut bercerita dengan teman Aya, tidak tega bercerita dengan Mamak Bapak... tidak punya nyali bercerita dengan Dosen-dosen pembimbing... Hiks... Kenapa mental Aya begini ya ALLAH.... Maafkan kelalaian Aya YA ALLAH... Maafkan kelalaian dan kelemahan Aya Ibu dosen pembimbing... Maafkan kekerdilan mental dan jiwa ayuk y Mamak Bapak..... Maafkan hamba-Mu yang DHOIF ini ya ALLAH.......

Katanya,"Apa sih yang Aya pikirkan sampai jadi begini???? Memikirkan Mas aja nggak ada kan????? Mas sudah bantu dengan printer, scanner, dsb.... Aya punya segalanya lo.. Aya punya laptop, Aya punya modem dan modemnya selalu ada paket internet.. kenapa Aya gak punya semangat... Yang Aya ga punya saat ini adalah semangat buat bergerak... Kalau Aya gini terus Aya gak akan selesai-selesai. Aya bakalan sampe desember. Aya jalan di tempat dan teman Aya sudah penelitian... bla bla bla" dan hasilnya sesenggukan nangis, dia nggak ngerti bahwa saya amat takut... Saya cuma bisa berdoa semoga orang-orang di dekat saya menguatkan saya, bukan menyudutkan saya sehingga membuat saya makin down....

YA ALLAH aku taaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut sama mereka,,...
Sudah cukup tatapan sinis teman-teman yang meremehkan karna ke-MALAS-an Aya.. Sesungguhnya Aya tak mau begini tapi ngga tau kenapa ini begitu sulit dan berat... Begitu berat melangkahkan kaki tiap hari ke kampus untuk hunting buku juga membaca-baca skripsi di perpus... Kenapa YA ALLAH........

Tolong kasih jalan YA ALLAH... Berikan kekuatan mental dan hati untuk Aya... 
Sekarang aku memulainya ya ALLAH...
Berikan jalan kemudahan....
jauhkan Aya dari segala macam gangguan yang menghalangi langkah Aya YA ALLAH.......
aamiin
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

HUAAA... SEMANGAT GAPAI CITA-CITA ^_^

"KALAU SUDAH CINTA MAKA SEMUA AKAN TERASA MENYENANGKAN DAN TAK KAN ADA KATA TERPAKSA UNTUK MELAKUKAN APAPUN UNTUK NYA... :* "

*BELAJAR MENCINTAI SKRIPSI...



*BELAJAR MENCINTAI BIOLOGI...



*BELAJAR MENCINTAI ILMU KEDOKTERAN......



*BELAJAR MENCINTAI BUKU...



*BELAJAR MENCINTAI ALQUR'AN...



*Mau jadi DOKTEEEEEEEEEEEER... Mau ngalahin Mas.. *SERIUS loh!!!
AMIIN... Maka kerjain skripsi bener-bener dan JANGAN TIDAK BERANI AMBIL RESIKOOOO!!! Lulus... Kerja.. Jadi Guru di Sekolah juga di Rumah... Trus nabung ngumpulin uang dan cari-cari beasiswa buat S2 ataaaauuuuu siapa tau ada duit kuliah dokter.. hahahah. AAAAAMIIIIN...  Nabung yang banyaaaak... Buat senengin mamak bapak... Buat Kuliah lagi... Buat nikah... Buat sekolahin adek bungsu... 

SEMANGAT3!!
Mamak Bapak walaupun sekarang masih terlihat seperti omong doang,, tapi Ayuk akan berusaha buat Bapak Mamak bangga dengan ayuk seperti ayuk masih sekolah dulu... Tunggu gebrakan Ayukk... Doakan selalu ayuk... Biar Apa yang ayuk cita2kan tercapai semuanya... AAAAMIIIIN... 


SMART TEACHER.. 
Guru Berprestasi.. Aaamiiin
  SMART DOCTOR...

Dokter Muslimah... Aaamiiin..



QORI'AH...


HAFIZHAH...


PENULIS...


*heheheh... MY DREAM IN FUTURE :*


Semua dilakukan...
Karna :


ALLAH...
ORANG TUA...
KELUARGA...
SAHABAT TERBAIK...
NUSA...
BANGSA...
AGAMA...


AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN...


NB : Yang baca jangan lupa "AMIN"kan ya...
Biar tercapai dan Ria Hidayah dimudahkan gapai cita-cita.. ^_^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MY LOVE

My Love :*


Amoy imut bersama Mamak Bapak 20 tahun yang lalu.. :*

Ayo tebaaaak... Ini kembar tapi beda atau Sama tapi Bukan Kembar,, hehe :*

Sekarang sudah 21 tahun... Oktober nanti sudah 22 tahun...
Mamak Bapak pun sudah bertambah usia... Ayuk harus segera membantu Mamak dan Bapak, pulang ke rumah... Bekerja di dekat Mamak Bapak.. Menjaga Mamak Bapak.... Membantu meringankan beban-bebannya,.. Mencari uang buat bantu menyekolahkan si Bungsu nanti...... Makasih Mamak Bapak untuk CINTA yang tak terhingga... Kasih sayang tulus... Energi dan Materi yang sungguh tak terhitung saking banyaknya hingga ayuk sudah mau selesai kuliah dan dewasa.... Semoga ALLAH menjaga Mamak Bapak.. Selalu sehat... Panjang Umur... Bisa menemani Ayuk, Deki, D Dhoni dan Dd Cheil sampe kami menikah dan punya anak, hingga Mamak Bapak bisa menimang cucu dan dipanggil Atok dan Nyai...... AMIN YA ALLAH...

Ingat ananda,  13 April 2012 ini usia Bapak sudah 53 tahun... 15 Juni 2012 ini usia Mamak sudah 44 tahun...
Ayo Ayuuuuk..... Cepat wisuda... Cepat kembali ke Bangka dan bekerja di dekat Mamak Bapak... ^_^

*Buat pendidikan selanjutnya, semoga ada rejeki buat kuliah lagi (beasiswa, kuliah mandiri atau apalah) dan bener2 manfaatin kuliah sebaik2nya biar bisa lulus CUMLAUDE. AAAMIIIN... Sudah lama gak kasih sesuatu kebanggaan buat kedua orangtua tercinta... Sungguh rinduuuuuuuuuu...

YES!!! JADI SEMANGAT LAGIIIII... Makasih ya ALLAH...
MEMANG ORANGTUA TU ENERGI TERBESAAAAARRRR... makasih Ya ALLAH... Dan makasih juga atas nikmat-Mu untuk semuaaaaa ini... Ampunilah salah2 dan kekhilafan hamba... Hamba cinta kedua orangtua hamba... Cita-cita hamba hanya membahagiakan mereka dan jadi ayuk yang baik buat adik2 hamba... Kabulkanlah ya ALLAH... AAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIN..................
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TIBA-TIBA MERINDUKANNYA......

Kangen dengan pemilik Mata ini..
Walau belum pernah bertemu dengannya......


Bagaimana kabarnya????
Sedang sibuk apa sekarang???
Bagaimana tertawa lucunya, bagaimana ocehan-ocehan dengan suara 'anak kecil'nya...

KANGEN UNIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII....
Maaf uni, Ria sempat merajuk... Tapi baru sekali kan Ria merajuk?? Huhu... Uni udah berapa kali hayooooo?? hmm... Sekarang uni udah berubah..
Buat Uni :
*Sahabat Perjuangan Tazakka
*Hamesya n Forever -Soundtrack "We are Family"
*apalagi ya? lupa... Kalau ngga sengaja denger beberapa lagu itu, langsung ingat dengan uni.......
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 30 Maret 2012

HAMPIR APRIIIIILLLLL....



DEADLINE BAPAK : BULAN APRIL SEMOGA SUDAH DIBERI KETETAPAN HATI. AAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN... ALLAH HELP ME PLEASE..............


BE CAREFULL !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
BE AWARE !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



KEEP SPIRIT, AYA!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

SEDIKIT ADUAN, PENGHARAPAN DAN DOA

Huaaaa... Hiks...........
DESPERATE bangeeeeeet...

Hiks,,.. Kenapa menjadi makhluk supermalas dan supergalau??? *eh tidak galau.. Hanya malas. Dari wajah terlihat seperti buanyak beban... Hufft, padahal beban saat ini hanya Skripsi. Hmmph, bukan maksud meng-enteng-kan skripsi, dan bukan pula mem-berat-kan skripsi, tapi Aya juga ngga tau, ADA APA INI???? Haaaaaaa.... Kapan sih diberikan pilihan yang benar-benar tepat untuk Aya? Masih terombang-ambing di beberapa simpang??? Mengapa??? Sebenarnya salahnya dimana??? Somebody help me pleaseeeeee.... :'( 

Ya ALLAH berikanlah Aya yang terbaik dan berikanlah ketetapan hati Aya atas apa yang Engkau pilihkan untuk Skripsi Aya.. Berikanlah Ibunda pembimbing yang baik hati, lembut hati dan cair dengan Aya ya ALLAH, lancarkanlah  syarat kelulusan sarjana aya ini Ya ALLAH, jangan berikan rasa takut untuk Aya menghadapi mereka ya ALLAH.. Takut membuat Aya mati gaya dan ngga bisa berpikir sama sekali... *mandeg...

  AYA MAU SARJANA TAHUN INI JUGA YA ALLAH... MAU SEGERA BEKERJA, MENYENANGKAN HATI MAMAK DAN BAPAK.... MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN MAMAK DAN BAPAK... MENGUMPULKAN UANG YG BANYAK BUAT ADEK-ADEK SEKOLAH... AYA MAU LULUS 2012 YA ALLAH... KABULKANLAH YA ALLAH... SEMOGA KEDUA IBUNDA PEMBIMBING MENERIMA PROPOSAL YG AYA KERJAKAN DAN CEPAT SEGERA SELESAI... AAAAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIN YA ALLAH... AAAAMIIIIN... AAAMIIIIN... AAAMIIIIN.... YAA RABBAL AALAMIIIN.......

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

HANYA SEBUAH LAGU LAMA...

Ku akui ku sangat sangat menginginkanmu
Tapi kini ku sadar ku di antara kalian
Aku tak mengerti ini semua harus terjadi
*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
Ku akui ku sangat sangat mengharapkanmu
Tapi kini ku sadar ku tak akan bisa
Aku tak mengerti ini semua harus terjadi

Reff:
Lupakan aku kembali padanya
Aku bukan siapa siapa untukmu
Ku cintaimu tak berarti bahwa
Ku harus memilikimu slamanya
Aaa…aaa…

Ku akui ku sangat sangat menginginkanmu
Tapi kini ku sadar ku di antara kalian
Aku tak mengerti ini semua harus terjadi

DI ANTARA KALIAN -D'Massive- Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

HARAPAN BARU YANG TERLINTAS....

tiba-tiba terlintas pingin jadi DOKTER..... hmmmmmmmmmmm.... Masih bisa ngga ya?????

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 27 Maret 2012

FROM 'LUVLY' SISSY......

Cemungudh dek aya buat skripsweet nya.. Jgn nyia2in waktu..lawan malas.. Ga ada org sukses yg ga berjuang.. Ntar ada masanya selesai sidang nunggu wisuda buat tiduran, maen2.. Tapi bukan now !!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 19 Maret 2012

^__^ MARI MENGAYAKAN MENTAL..

SEMANGAT PAGI!!
HARI YANG LUARRRR BIASA..
Sulit menerima kelebihan dan kesuksesan orang lain adalah "miskin mental"

Selama kita terus memelihara 'jiwa kerdil' itu, sukses yang akan kita peroleh pun TERBATAS!!

-Andrie Wongso- Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 14 Maret 2012

SEMANGAT !!

DIMANA ADA KEMAUAN DI SITU ADA JALAN...

Man Jadda wa Jada..
Barangsiapa bersungguh-sungguh maka dapatlah ia...

Yang dinamakan Tawakkal adalah berserah diri kepada ALLAH atas hasil dari yang telah diusahakan dengan melakukan sebaik-baiknya Ikhtiar semaksimal mungkin.
DO YOUR BEST... 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

PERSIMPANGAN JALAN...

Persimpangan jalan yang dua-duanya salah..........................
Saat ingin balik, ternyata jalan sudah buntu..........
YA ALLAH.........
Jangan hancurkan hati mereka.................................... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

PHOBIA DERING HANDPHONE

Aku takut setiap semua handphone ku berdering entah telpon atau sms,, terlebih sms...
Aku takut dia.. Aku takut dia ... Aku takut dia ... Aku kacau setiap ada dia ... Aku terganggu olehnya .... Aku bersalah atasnya ....

YA ALLAH aya takut.................................
Ampuni Aya ya ALLAH...
Aya gak mau semua jadi begini Ya ALLAH...
Aya trauma....
Aya sudah seperti orang depresi....
Sangat kacau...........................................................
Hiks........................................................................ Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

PERNAH DENGANMU -KD-

pernah denganmu biarlah jadi kenanganku
biarlah jadi bagian kisah hidupku
yang tak mungkin terulang di hatiku lagi

pernah denganmu telah ku coba pertahankan
telah ku coba menjalani cinta kita
yang ternyata tak bisa di hidupku lagi

cinta sudah tinggalkan kita jauh
tak mungkin bisa kembali
jadi percuma aku denganmu lagi bersama lagi
cukup untukku biarkan ku pergi

pernah denganmu telah ku coba pertahankan
telah ku coba menjalani cinta kita
yang ternyata tak bisa di hidupku lagi

cinta sudah tinggalkan kita jauh
tak mungkin bisa kembali
jadi percuma aku denganmu lagi bersama lagi
cukup untukku biarkan ku pergi

(pernah denganmu telah ku coba pertahankan kita)

cinta sudah tinggalkan kita jauh
tak mungkin bisa kembali
jadi percuma aku denganmu lagi bersama lagi
cukup untukku biarkan ku

(cinta sudah tinggalkan kita jauh
tak mungkin bisa kembali)
jadi percuma aku denganmu lagi bersama lagi
cukup untukku biarkan ku pergi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 08 Maret 2012

TERIMA KASIH UNTUK PETANG INI ALLAH.... ^___^

"Hikmah itu bagian yang tercecer.. Siapa yang menemukannya, maka dialah pemiliknya.." Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

GO SKRIPSI GO SKRIPSI GO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


"Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.
Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri..
Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa..
Keep our dreams alive, and we will survive..
[5cm]"
Donny Dhirgantoro

WOAAAA.... hari ini Aya baru kebuka mata dan kebangun dari tidur panjang..... Dan mencari motivasi dengan baca-baca blog orang tentang skripsiiiii sebelum mulai ngerjain skripsi aya.. SEMANGAT AYA..

Dapet bonus Tips dari Blognya http://catatanskripsi.posterous.com/,

Tips utama mengerjakan skripsi. "Kerjakan dan fikirkan terus tiap hari sampe jenuh, refreshing, kerjakan dan fikirkan lagi tiap hari!, jangan sampai kehilangan fokus. Ga perlu kebanyakan target, yg penting tiap hari difikirkan dan dikerjakan".

Motivasi & Super Fokus



Motivasi itu berarti sesuatu yang ingin kamu capai. Ingin kamu dapatkan. Ingin kamu raih. Pokoknya sesuatu yg bikin kamu merasa excited pengen mendapatkannya. Misalnya lulus, jalan-jalan, pengen pergi dari kota yg bikin kamu bosan, nyenengin ortu dan lain sebagainya. Langkah pertama, temukan dulu motivasi kamu sendiri. Kalo sudah dapet motivasinya, langkah selanjutnya adalah memikirkan dan mengingat terus motivasi kamu itu. Ingat-ingat terus sampai tiba-tiba muncul energi entah dari mana yg bikin kita pengen do something.


Nah, kalo sudah sampai pada tingkatan ini, berarti visi telah kamu dapatkan. Selanjutnya adalah mencari misi atau dengan kata lain mencari cara  supaya visi alias tujuan kita dapat tercapai. Dalam kasus SKRIPSI ya caranya SKRIPSI-nya dikerjain. Pendahuluan, Tinajuan Pustaka, Metodologi Penelitian n macem-macem Instrumen yang dibutuhin buat penelitian harus dikerjain. Satu per satu saja. Sedikit demi sedikit.


Udah ketemu caranya(kamu mau ngerjain apa)?. Sekarang, letakkan cara tadi (misal: ngerjain Bab Pendahuluan) di kepala kita. Jangan sampai pergi kemana-mana. Biarkan dia disitu terus menerus sepanjang waktu. Jangan pikirkan yang lain. Letakkan Bab Pendahuluan pada prioritas tertinggi. Saat bangun tidur, inget Pendahuluan. Saat makan, terfikir Pendahuluan. Saat mau tidur, kangen Pendahuluan. Saat tidur, mimpi Pendahuluan. Selamat!! Super Fokus Telah kamu dapatkan!!. Harusnya kamu sudah mulai ngerjain bab Pendahuluan sedikit demi sedikit tanpa rasa malas dan bosan (tapi tetap ada jenuhnya, istirahat sebentar, lalu Pendahuluan!!). Saat mengerjakan Pendahuluan tanpa sadar kamu memiliki kekuatan luar biasa. Tanpa disadari semua terlihat mudah. Iya, tanpa disadari, ternyata semesta juga membantu kamu ngerjain Penelitian!! dan secara tidak sadar juga, kamu siap bimbingan Pendahuluan. :)

SEMANGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT...... 
DON'T GIVE UP! Pokoknya maju terus, apapun penghalangnya. Kalau ada masalah, coba diselesaikan. Didiamkan nggak akan bikin skripsimu selesai. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 07 Maret 2012

HAPPY MILAD ADEK CHEIL.. ^0^



Happy milad adek cheil sayang... Wah dah 10 taun nih adek ayuk yg ganteeeng.... Moga umur e berkah yo dek... Dikasih Allah panjang umur, badan yang sehat, otak yang pintar, pikiran yang cerdas, jiwa yang bersih, hati yg tulus... Jadi anak berbakti pd mamak bapak... Jadi adek yg baik dan SMART PLUS SHOLEH buat ayuk2 dan kakak... Jadi siswa yang pandai dan tekun serta berprestasi... Jadi hamba ALLAH yg taat.. Moga jadi anak baik ndak nakal, nurut kato mamak bapak ayu2 dan kakak, jg ibu guru... Rajin belajar... Murah rejeki... Moga bisa jadi qori' sampe nanti juga hafizh qur'an dan tercapai cita2 e jadi dokter haji yang sholeh dan geniuuuussss... Aaaaaaaamiiiiiin..... Iloveu adeeeekkkkk ganteeeeng....

7 Maret 2012
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 06 Maret 2012

DOA MENGHILANGKAN RASA CINTA DAN RASA SAYANG YANG TIDAK PERLU..

Do'a Menghilangkan Rasa Cinta dan Sayang yang tak Perlu..
(kerana yg kita cinta mgkn sdh memiliki pilihan yg tepat atau sdh menikah dgn org lain)

Bismillaahirrahmaanirrahiim,,

Ya Allah,
aku terima kondisiku yang sulit melupakannya dan masih menyayanginya,
maka terimalah aku dan ibadah- ibadahku
 
Ya Allah,
aku maafkan hadirnya rasa sayang yang tak layak ini, aku maafkan dirinya yang sulit kulupakan, aku maafkan diriku yang terjebak dalam rasa cinta yang menggelisahkan, maka maafkanlah ia dan
maafkanlah aku...


Ya Allah,
aku lepaskan rasa sayang ini dariku, maka lepaskanlah rasa sayang yang tak layak ini dariku, aku adalah aku, rasa sayang kepadanya bukanlah aku. Aku adalah hamba yang hanya bergantung kepada-Mu dan berharap kasih sayang-Mu...


Ya Allah,
aku serahkan urusan hati ini sepenuhnya kepada-Mu , maka serahkanlah ketetapan-Mu yang terbaik kepadaku. Dan sayangilah aku dalam peluk kasih sayang-Mu...
Aamiin 

Walhamdulillaahirabbil aalamiin



( sumber : Ustadz Zain Fuad Abdullah / Kang Zain )
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MAU HIDUP TANPA AIR MATA KESEDIHAN.....................

mau hidup tanpa air mata kesedihan..
kalau memang jalan yang sedang ku tapaki ini buruk maka arahkanlah aku ke jalan yang benar dan jangan bawa aku ke sana kemari seperti kapal yang terombang ambing dihempas ombak.....

dekatkanlah dengan yang baik...
dekatkanlah aku dengan pintu hidayah-Mu...
buka mata hatiku... sadarkan aku..
ada apa dengan semua ini... apa maksud semua ini...
kalau memang hidayah ini untukku maka sampaikanlah........ 
jadikan aku hamba sebenar2nya hamba yg hanya tunduk pada-Mu.. 
menjalani smua perintah-Mu dan menjauhi segala larangan-Mu...

aku tak tau lagi langkah apa yg harus ku ambil.. tlg aku...

jgn biarkan aku berada dlm kesesatan dan gelapnya hati...

tunjukkan maksud mimpi2 dan firasat itu...... 

biarkanlah aku berfokus pada apa yg sepatutnya dan seharusnya aku hadapi sekarang.... 
mudahkanlah jalannya.........
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

STAY STRONG, yak!!

"Bangunlah saat mereka tidur . . .
Berdirilah saat mereka bangun . . .
Berjalanlah saat mereka berdiri . . .
Dan berlarilah saat mereka berjalan . . ."

"Dan yakinlah saat mereka berlari, kita pasti telah sukses"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MUSTI PANCING DULU.... :p

hmmmmmmmmmmm..
Aya ini.. mau apa-apa musti dipancing-pancing duluuu...
Mau baca buku kuliah,musti dipancing nonton duluuu...
Mau ngetik tugas, musti dipancing nulis uneg-uneg di blog duluuu...
Mau makan, musti dipancing bunyi "ting-ting"nya mie ayam bakso duluuuu...
Mau belajar, musti dipancing jalan-jalan duluuu...

apa cobaaa...
ckckckkcc... Gini nih, "cak katek semangat idup" kata kawan Aya waktu semester 3 dulu, main nilai2an ama temen sekelas.. Kejam banget yang ngomong ini yaaa... :( Habisnya serrring jatuh sakit, maklum bawaan sakit kan lemes ya, mana emang rada kemayu, jadi makin terlihat lamban... masyaALLAH... OGGGAAAAH..
Naudzubilahimindzalik....

Duhai Rabbi...
Kemana perginya semangat menggebu ini???  Salut dengan teman-teman yang istiqomah dengan semangatnya dari semester awal hingga semester akhir... Salut juga dengan teman-teman yang semangatnya terus naik-naik ke puncak gunung hingga semester akhir... Sedangkan aya kok naik turun ya???? naiknya sedikit turunnya banyak... Haayyyah... Gimana iniiii Bu Guruuuu... Ayoo ayo semangaaaattt... Jangan mau kalah dong sama syetan... Malas dan suka berleha-leha kan sifatnya SYAITHOOON... Husyy husyyy... A'uudzubillaahiminasysyaithoonirrojiim..... Jauh-jauh dehhh....

Heyyyy kalau proposal skripsi pake apa ya mancingnyaaa??? Terakhir menghadap nasib sedang nggak bagus... Kurang beruntung... Susah banget ini bangkit setelah jatoh. Ayooo ayo semangat donggggg, masa' gitu aja K.O. lantas mau nyerah??? Gak boleh... 

Inget ini,
SATU-SATUNYA YANG BERTANGGUNGJAWAB MENJAGA SEMANGAT SAYA ADALAH DIRI SAYA SENDIRI!!

BISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALALLAAH..

Jadi nggak ada acara ketergantungan terhadap siapapun, kecuali ALLAH... Gak ada acara nyalahin siapapun kalau kita nggak semangat. Makanya pandai-pandailah jaga semangatnya ya Aya... Ayooo Aya bisa kok. Dasar Aya aja yang "sedikit" males. Ayo aya, kalau aya tetap kayak gini maka aya gak akan berubah... Aya akan tetap jalan di tempat..

Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum tersebutlah yang merubahnya.. (Q.S. AR Ra'du [13] : 11)

Ayo aya, teman-teman sudah pada seminar usul dan siap terjun lapangan buat penelitian. Ayoo aya kejarrr, aya juga bisa kok... Come on!!! Seriuslah aya, inget adek mau masuk kuliah tahun ini, adek akhir april mau bimbel di palembang tahun ini, so ayuknya musti segera lulusssss dari sini biar bisa segera bekerja dan membantu bapak mamak... Okey dear... YAKIN DONG, BAHWA AYA BISA, RIA BISA.. AYUK BISA.... !!!!

Hilangkanlah sikap manja dan ketergantungan tu... Dua-duanya merugikan,nggak ada yang menguntungkan. Oke Oke... Kata adek ulan, Oki Doki... ^_*

Ayo ayoooo, semangat yuukkk pake toga... Mas dah mau wisuda Juni ini... Aya masa nggak mau... bahkan dek ki udah berusuhan Judul ama temen-temen sekelasnya... Ayo Aya... Tahun 2012 musti pake toga... Musti wisuda... Musti boyong Mamak Bapak n Adek Yusril ke Kampus Unsri.... (adek ade insyaALLAH dah kuliah di sini juga, AAAAMIIIIN)

SEMANGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT!!!!!!!!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 04 Maret 2012

RAHASIA MEMAAFKAN YANG AGAK TERLUPAKAN...

Naaaaaaaaaah... ini dapet dari facebook saudari...
Lumayan ngenaaa banget nih.. 

MARI BACA..

Assalaamu'alaikum.wr.wb.

Salam Sinergi

Apa kabar sahabat S3? Semoga Anda selalu dalam perlindungan-Nya.

Tahukah Anda, masalah apa yang paling sulit untuk diselesaikan? Yes, betul sekali, yaitu masalah yang "gak jelas" apa masalahnya.

Itu sebabnya proses memaafkan menjadi tidak berefek optimal bagi kesehatan jiwa kita ketika kita tak berani memperJELAS hal apa yang harus dimaafkan terkait : rasa sakitnya, pelakunya, peristiwanya, penyebabnya, waktu kejadiannya dan persepsi kita atas itu semua.

Oleh sebab itu, WAKTU yang paling TEPAT untuk MEMAAFKAN adalah tatkala kita SEDANG merasa DISAKITI. Karena pada saat kita sedang disakiti , biasanya semua hal tentang : rasa sakitnya, pelakunya, peristiwanya, penyebabnya, waktu kejadiannya dan persepsi kita atas itu semua; masihlah SANGAT JELAS.

Ibarat orang BAB (Buang Air Berbentuk he he), maka saat paling tepat untuk BAB adalah ketika sangat JELAS rasa sakit di perut kita (mules).

Itu sebabnya sungguh mengherankan orang yang mengatakan "nantilah, setelah rasa sakit hati saya reda, maka baru saya akan memaafkannya". Karena pernyataan itu mirip dengan "nantilah, setelah mules saya reda, maka baru saya akan BAB". Hehe... Kotoran di perut dikeluarkan dengan cara BAB, sedangkan kotoran di hati dikeluarkan dengan cara MEMAAFKAN.

Nah, jika Peristiwa "menjengkelkan" itu telah terjadi di waktu yang lalu, maka perjelaslah terlebih dahulu semua hal yang terkait dengan peristiwa itu di waktu sekarang, lalu maafkanlah.

Coba lakukanlah simulasi ini: 

Pegang dada Anda dengan tangan kanan Anda, tenangkan diri Anda, tarik nafas yang dalam perlahan lalu hembuskan dengan tenang. Kemudian hadirkan peristiwa menjengkelkan yang belum Anda maafkan, hadirkan pelakunya, hadirkan wajah si pelaku yang membuat Anda sebal, hadirkan waktu kejadiannya, rasakan dada Anda sangat sakit mengingat peristiwa itu, sungguh sakit sekali rasanya, Lalu katakanlah "Ya Allah, saya terima sepenuhnya rasa sakit ini, saya terima seutuhnya kejadian ini, saya akui saya banyak dosa sehingga saya pantas diperlakukan seperti ini, semoga ini bisa membersihkan jiwa saya. Saya maafkan dia, saya maafkan peristiwanya, saya maafkan diri saya yang kecewa dan jengkel karena peristiwa ini, saya lepaskan rasa sakit hati ini, dan saya serahkan semuanya kepadaMu. Dan ampunilah saya ya Allah karena saya telah begitu lama memendam rasa sakit hati ini".

Aamiin
Wallahu a'lam

Kang Zain

sumber : www.cahaya-semesta.com.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

"LOLLIPOP MANIS YANG MEMBUAT SAKIT GIGI"

Pernah denger kata-kata seperti ini :
Suka sekali dengan lollipop yang manis... Ternyata pada akhirnya lollipop itulah yang membuatku sakit gigi..

Begini nih.. Tadi siang iseng nonton FTV sama adek, sambil makan es krim 3 bungkus (heheheeeee :pp lagi suntuuuuuuk banget sampe ngayal sedang di bus buat berangkat ke Padangpanjang. FTV nya lucu banget. Yang main Dinda Kirana, nah ndak tau lawan mainnya siapa.

Nah kisahnya si Dinda adalah anak mama banget *kata teman-temannya. Soalnya teman-temannya merasa mamanya Dinda tu OVER PROTECTIVE banget sama Dinda. Dinda nggak dibolehin maen keluar rumah, kemanapun walau sama teman-temannya.  Jadi dia hanya boleh mengisi waktunya di rumah. Suatu ketika ada acara dengan teman-temannya dan itu malam hari. Dinda ingin sekali pergi dan ikut acara tersebut. maklum Dinda sudah SMA (jaman sekarang anak SMA maunya bebas ngapain aja). Jadi Dinda berinisiatif mengajak teman SMA-nya yang juga temannya dari kecil yang udah biasa main bareng (cowok yang juga tetangga sebelah rumahnya,anggap aja namanya Adam, heheheeee,,,). Nah Adam dimintanya untuk nemenin dia ke acara temannya itu, trus dimintain tolong juga buat ikutan bohong ke mamanya Dinda. Karena kasian dan nggak mau dinda dimarahi mamanya jadi Adam bantu Dinda berbohong sama mamanya Dinda. (Sebenernya itu karena Adam juga takut dimarahi mamanya karena mamanya Dinda dateng langsung ke rumah Adam buat nanyain kebenaran alasan Dinda dan Adam mau pergi, mereka berdua sih bilangnya mau belajar bareng di Rumah Johan).

Akhirnya si Dinda dan Adam jadi pergi ke acara temannya. Pas di acara ternyata Adam tidak tau dresscode buat acara itu, Dinda lupa ngasih tau, jadi mereka saling ngambekan. Tidak lama mama Dinda menelpon Dinda dan langsung marah-marah ke Dinda karena ketawan bohong ke mama. Dinda nangis di depan, tiba-tiba Dinda kenalan dengan seorang laki-laki. Itu gara-gara Dinda buru-buru jalan dan hampir terjatuh, tapi tertolong oleh si laki-laki. Jadilah dinda terpesona padanya dan Dinda yang polos mau saja diajak berkenalan, dimintain nomor hp, karena merasa berhutang budi sudah ditolongin.

Dinda masuk lagi ke dalam dan Adam langsung menemui Dinda dan bilang bahwa Mama Dinda menelpon Adam dan menyuruh Dinda pulang. Dinda ngambek lagi, dan akhirnya mereka pulang. sesampai di rumah mereka berdua dimarahin mama Dinda. mama Dinda mengancam Adam akan memberitahu kedua orangtua Adam di Pontianak tentang kenakalan Adam di sini. Adam tinggal dengan kakaknya.

Taukah, Laki-laki yang menolong Dinda saat itu jadi rajin menelpon Dinda, padahal Dinda tau, Rio, adalah tunangan sahabat Dinda. Tapi ntah kenapa dinda yang polos merasa asik dan merasa Rio lah orang yang paling mengerti dirinya. bahkan Rio pun nekat ke rumah Dinda, untuk mengambil hati Mamanya, dan Dilihat dari sikap Mama, Mama menerimanya *menurut Dinda.

Rio jadi rajin menelpon, smsin Dinda, juga menjemput Dinda buat mengajak Dinda kesana kemari.. Dan Dinda terpelosok ke lubang Cinta serta rayuan gombal maut Rio, padahal jelas-jelas tau bahwa Rio tunangan sahabatnya. Dan selidik punya selidik Rio adalah playboy cap bebek... Banyak banget pacarnya. Walhasil waktu lagi jalan dengan Dinda, datenglah calon istri si Rio dan tunangannya Rio, sahabat Dinda. Sahabat Dinda marah besarrrrr ke Dinda.

 Yaaa... dinda sangat menikmati dan menyukai lollipop manis itu... Dan lolllipopnya adalah Rio.. Daaaaaaaaan dinda jatuh sakit...

Setelah peristiwa itu, Adam datang ke rumah Rio untuk menjenguk Dinda yang sakit gara-gara masalah kemaren.. Dinda tertawa, menertawai kebodohannya. Ada Adam yang baik dan tulus padanya, yang ingin melindunginya, menjaganya, dia malah memilih playboy cap bebek itu gara-gara semua kepalsuannya yang muaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaanissssss banget kaya lollipop kesukaan Dinda..

Hmm... Dinda tertawa lagi sambil mengatakan, 'aku bodoh ya, aku udah keenakan sama manisnya lollipop,padahal lollipop itulah yang bikin aku jadi sakit gigi'..

Yah begitulah... Seringkali kita buta akan manisnya dunia, sampe gak bisa lagi bedain mana yang bener-bener baik dan mana yang jelas-jelas buruk... Astaghfirullah.. naudzubillahi min dzalik...  Ceritanya jangan dipusing-pusingin ya.. Ambil hikmahnya aja... banyak kok pengandaian kisahnya, yang penting inti dari cerita ini... semoga ALLAH menjaga kita smeua dari kebutaan hati gara-gara dunia yang FANA ini.. AAAAAAAAAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIIN.........
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 03 Maret 2012

CINTA KARENA ALLAH

“Yaa Rabb, Cinta yang datang semata-mata karena-Mu, cinta itu juga akan pergi semata-mata karena-Mu, maka berikanlah aku keikhlasan dalam menerima datang dan perginya cinta yang Engkau fitrahkan pada setiap diri manusia. Dan sisi-kan-lah aku dalam penjagaan-Mu siang maupun malam ketika cinta itu datang dan pergi seketika. Hanya kepada-Mu aku berserah diri yaa Rabb….









Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

REMINDER... ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

YA ALLAH AKU IRI................

Ya ALLAH maaf atas semua kelalaian hamba..
Maaf atas semua kealpaan hamba..
Maafkan diri yang semakin jauh dari-Mu...

Jujur saja aku sungguh rindu dengan masa-masa itu..
Aku rindu masa-masa dimana aku berada dalam lingkungan yang kental dengan mahabbah-Mu juga kitab-Mu..
Aku rindu dengan sahabat-sahabatku sesama pecinta-Mu..

2009 tahun terakhir aku bersua dengan "nya"..
2009 tahun terakhir aku begitu bersemangat menggapai cita dan menjadi orang optimis luar biasa..
Ntah apa yang menyebabkan aku makin jauh dari "nya"..
Mungkin saat Engkau menggantikanku dengan orang-orang yang JAUH lebih baik dari padaku yang ilmunya tidak ada apa-apanya dibanding mereka...
Hafalan Al-Quran yang amat jauh ketinggalan dibanding mereka...
Ilmu Hadits..
Ilmu Fiqh...
Bahasa Arab pun aku tak tau...
Aku memang tak punya basic pendidikan di pesantren seperti dua adikku. Sungguh saat itu baru aku iri kenapa aku tak menuntut ilmu di tempat yang jauh lebih mendukungcita-cita dan harapanku saja. Tapi sejak SD aku mampu membuktikan walau tak sekolah di pesantren aku bisa seperti mereka.. Aku punya sosok ayah yang pandai. Bapak seorang Qori.Sekarang baru aku amat menyesal mengapa aku tidak memanfaatkan masa-masa bersama Bapak sebelum kuliah dulu :( Ya ALLAH... sedihnya aku...

Dan sekarang, saat kuliah, aku seperti terhambat tak bisa belajar. Susah mencari ustadzah maupun uztadz yang meng-iya-kan jika diminta menjadi guru ngaji, tidak seperti Bapak... Bapak yang rendah hati dan tidak pelit ilmu.. Padahal ilmu itu semakin dibagi maka akan semakin kita kuasai... Duhai Rabbi, salahku dimana ya???

Aku rindu dengan saudari2ku.. juga Saudara2ku.. Mereka ku anggap keluarga keduaku, dunia Musabaqah yang tak pernah aku lewatkan dan setiap itu pula aku bertemu dengan mereka, berbagi kisah, belajar bersama dan jalan bersama. Mereka yang hingga detik ini masih terjaga dan tetap tersalurkan ilmunya di sana, sedangkan aku terhenti, aku ingin kembali ke duniaku ya ALLAH.... Ampuni aku jika Engkau memandangku telah LALAI menjaga amanah ilmu dari-Mu, :(

Aku rindu masaku dulu, aku rindu diriku yang dulu, aku rindu dengan aktivitasku yang dulu..
Sekarang aku hanya bisa melihat teman-temanku di sini mendulang prestasi di arena MTQ berbagai kota dan kabupaten.. Aku iri dengan mereka.. Tapi aku sadar, itu rejeki mereka... Rejeki kita tidak akan tertukar.. Aku hanya bisa berdoa agar aku bisa kembali seperti dulu ... Dan semoga dua adikku yang masih di rumah tidak merasakan penyesalan sepertiku.. Akan ku semangati mereka agar tidak sepertiku, agar tetap semangat beribadah karena-Mu....

Sungguh, aku ingin menuntut ilmu lebih banyak lagi...
Aku ingin serius lagi mendalami semuanya...
Aku ingin belajar dan latihan tilawah lagi...
Aku ingin memperbaiki bacaan tartilku lagi....
Aku ingin memperbaiki ilmu tajwid ku lagi....
Aku ingin memperbaiki hafalanku yang masih sangat minim...
Aku ingin bisa bahasa Arab dan bahasa Inggris lebih baik lagi...
Aku ingin mempelajari ilmu fiqh hadist dan tafsir lebih dalam lagi..
Agar aku bisa jadi ustadzah untuk anak-anakku nanti...
Agar anak-anakku bisa menjadi generasi pecinta Qur'an...
AAAAMIIIIIIIIIIIIIN.............
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ADEK ULAN, ANA UHIBBUKI FILLAH ^_^

Rabu tadi menghadiri seminar di kampus.. Seminar Usul juga Seminar Hasil.. Tiba-tiba Mas nelpon, padahal sudah dibilang sedang menghadiri seminar... Trus pas ngomong suaranya agak tegas dan kayak lagi ruwet.. Katanya pulang, ibu sakit dan dirawat di rumah sakit...  Dan mas berpesan agar Aya jangan bikin khawatir di sini... Jadi Mas pulang mendadak.. Dan di jalan pun bus nya mogok... jadi galau mau pulang lagi ke palembang atau meneruskan perjalanan ke rumah.. Tidak lama dari situ ada sms masuk, isinya bilang "kak Aya mas pulang lagi ke padang".. Ternyata itu dedek kecilku.. Dedek Ulan.. 

Kasihan Ibu.. Januari tadi Abi dan Ummi yang sakit, lalu gantian ibu juga ayah yang sakit. Ibu kecapean dan banyak pikiran. Kata mas, adek penempatannya jauh, di indonesia timur... Kasian adek,semoga bisa diurus agar di padang aja. Adek kuliah di IPDN, angkatan 2011. Esok paginya sampai di rumah, dan adek ulan sms lagi, kata adek mas dah sampe rumah dan mas dah ke rumah sakit jenguk sekalian mau jagain ibu, tapi disuruh ibu istirahat dulu aja di rumah, jadi mas pulang dan tidur lagi di rumah. 

Adek ulan adalah adek bungsu mas. Sosok anak yang lucu, cerdas, cerewet juga manja. Mas aja sering kewalahan menghadapinya, menanggapinya berbicara. Lucu sekali. Oh ya, Mas adalah calon suamiku, insyaALLAH setelah mas dan aku wisuda, mas akan mengkhitbahku dan setelah mas dilantik jadi dokter, kami akan menikah *walaupun ini baru rencana kami berdua dan belum tersampaikan secara langsung pada ibu dan ayah, hanya saja mas sudah bilang kalau mas mau nikah kalau sudah jadi dokter, kira-kira 2 tahun lagi. Selama mas pulang ke rumah seminggu sebelumnya, setiap mas menelponku, selalu adek ulan yang diminta untuk berbicara padaku. Adek ulan memanggilku kakak. Dan yang aku sukai, adek ulan anak yang ramah dan supel, tidak pemalu, dia tidak berhenti bertanya ini itu padaku, ada-ada saja pertanyaannya buatku, kewalahan dibuatnya, tapi aku suka bercerita dengannya, mendengarkan celotehnya, juga mendengarkan masku mengajarkan adek2nya belajar. jadi teringat adek kecilku di rumah, adek cheil,siapa yang ngajarin adek cheil di rumah, seperti mas ngajarin adek ulan dan adek yusuf... Hm.. berasa ingin segera pulang ke rumah nemenin abi dan ummi, juga nemenin adek cheil.. Sementara kakaknya, adikku no.3, akan masuk kuliah tahun ini. Dia berharap bisa masuk di universitas dimana aku dan adikku no.2 kuliah. Cuma dia tertarik dengan komputer. Dan yang menyemangatinya adalah dia kukompor-kompori agar semangat belajar biar lulus un dan snmptn di sini biar bisa ikut MTQ MAHASISWA nasional di Unand 2013.. *biar aku juga bisa ke padang tahun depan.. heheheh.. Adikku itu insyaALLAH sejak masuk SMA sudah hafal 5 Juz. Tapi aku tidak tau apakah nambah lagi atau jalan di tempat. Berharap hafalannya bertambah setiap waktu, sampe 30 Juz. AAAAMIIIIIIIN...

Balik ke cerita adek ulan..

Dalam sekejap adek ulan sudah kuanggap seperti adikku sendiri. Setiap hari ditelpon setiap hari itulah aku bercerita dengan adek ulan. Lagi kesel, kesel pun hilang setelah denger celoteh lucunya. Kata mas, adek ulan itu nyenyes. :D lucuuuu... memang beneran cerewet si adek. Tapi cerewet yang cerdas.. ^^

Balik kedua kalinya mas dalam waktu belum sampe satu minggu di tanah rantau, aku jadi sering smsan dengan adek ulan. Kalau baca perkapan antara aku dan adek pengen ketawa sendiri rasanya saking lucunya. Pengen tuker-tukeran foto. Tapi ternyata si adek ngerayu balik minta dikirim foto duluan, jadilah aku mengiriminya beberapa fotoku lewat facebooknya. 

Si dedek kecil senengnya bukan main, setiap ku balas smsnya, setiap kali itulah dibacanya keras-keras di depan mas dan abangnya. Dasar dedek, dan dedek bilang mau kasih tau ibu. 

Dan memang benar, sewaktu mas ke rumah sakit jenguk ibu, ibu langsung tembak nanya. Aya anak siapa? Anak ke berapa? Bapaknya kerja apa? Kuliah fakultas apa? kapan lulus dan sebagainya. Hmm.. Ibu bilang, kalau mas senang, ibu setuju-setuju saja asalkan tidak banyak menuntut, harus mengerti bahwa keluarga mas tidak kaya, dan sebagainya. 

Sepulang dari rumah sakit, mas langsung sms menceritakan pengalamannya selama jenguk ibu tadi. SubhanALLAH, tidak tau apa lagi yang dirasakan, semuanya campur aduk, senaaaang, sediiih, terharuuu... Semuanya campur aduk... Yang pasti hanya satu pintaku, moga urusan aku dan mas, ummi abi. ayah ibu dan adik2 kami semuanya diberi kemudahan kelancaran dan yang terbaik... AAAAAAAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIN....

Makasih adekku sayang...... Kakak saaaaaaaaaaaaaaaaaaaayang adek ulan....
:*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 01 Maret 2012

YUK SEDEKAH...

Do'a kita untuk yang rajin berinfaq

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

“Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)”
(HR Bukhary 5/270)
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni'mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Ya Allah kabulkanlah do'a kaum muslimin di penjuru bumi..
Ya Allah kabulkanlah do'a-do'a kami...
Ya Allah kami telah berusaha mengorbankan harta kami tuk perjuangan menegakkan kalimat-Mu...
kami korban harta kami tuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan ke lebih banyak orang di seluruh penjuru bumi...

Ya Allah sembuhkanlah diantara kami yang sedang sakit, sembuhkanlah keluarga kami, sembuhkanlah tetangga kami, sembuhkanlah teman-teman...
Ya Allah di antara kami ada yang belum memiliki keturunan, berikanlah segera amanah itu,
Ya Allah berilah kami keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengarkan do`a.
Ya Allah jadikanlah anak-anak kami, anak2 yang shaleh dan shalehah...

"Wahai Allah limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw; sebanyak aneka rupa rizqi. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan rizqi kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskan dan banyakanlah rizqiku dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rizqi-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau. "


"Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat Yang Mengembalikan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw. keluarga dan sahabat beliau."
"Dengan nama Allah, semoga Engkau menjaga diri kami, harta kami dan agama kami. Wahai Allah, ridhailah kami dari ketetapan-Mu dan berilah berkah kepada kami pada segala apa yang telah Engkau putuskan sehingga kami Tidak suka apa yang Engkau mempercepatkan apa yang Engkau akhirkan dan tidak pula menyukai mengakhirkan apa yang, Engkau cepatkan. "
"Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201).


"Ya Tuhan, janganlah Engka siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kamj, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 286).

"Ya Tuhan sungguh kami telah mendengar seruan yang menyeru kepada iman: "Barimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman. Ya Tuhan, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, serta matikanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat kebajikan. Ya Tuhan, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat nanti. Sungguh Engkau sama sekali tidak akan pernah menyalahi janji." (QS. Âli Imrân: 193-294).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TIPE WANITA YANG DISUNNAHKAN UNTUK DILAMAR


Dalam melamar, seorang muslim dianjurkan untuk memperhatikan beberapa sifat yang ada pada wanita yang akan dilamar, diantaranya:
  1. Wanita itu disunahkan seorang yang penuh cinta kasih. Maksudnya ia harus selalu menjaga kecintaan terhadap suaminya, sementara sang suami pun memiliki kecenderungan dan rasa cinta kepadanya.

    Selain itu, ia juga harus berusaha menjaga keridhaan suaminya, mengerjakan apa yang disukai suaminya, menjadikan suaminya merasa tentram hidup dengannya, senang berbincang dan berbagi kasih sayang dengannya. Dan hal itu jelas sejalan dengan firman Allah Ta'ala,

    Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tentram kepadanya. Dan Dia jadikan di antara kalian rasa kasih dan saying. (ar-Ruum:21).

  2. Disunahkan pula agar wanita yang dilamar itu seorang yang banyak memberikan keturunan, karena ketenangan, kebahagiaan dan keharmonisan keluarga akan terwujud dengan lahirnya anak-anak yang menjadi harapan setiap pasangan suami-istri.

    Berkenaan dengan hal tersebut, Allah Ta'ala berfirman,
    Dan orang-orang yang berkata, 'Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa'. (al-Furqan:74).

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
    Menikahlah dengan wanita-wanita yang penuh cinta dan yang banyak melahirkan keturunan. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian pada hari kiamat kelak. Demikian hadist yang diriwayatkan Abu Daud, Nasa'I, al-Hakim, dan ia mengatakan, Hadits tersebut sanadnya shahih.

  3. Hendaknya wanita yang akan dinikahi itu seorang yang masih gadis dan masih muda. Hal itu sebagaimana yang ditegaskan dalam kitab Shahihain dan juga kiab-kitab lainnya dari hadits Jabir, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bertanya kepadanya,

    Apakah kamu menikahi seorang gadis atau janda? dia menjawab,"Seorang janda."Lalu beliau bersabda, Mengapa kamu tidak menikahi seorang gadis yang kamu dapat bercumbu dengannya dan ia pun dapat mencumbuimu?.

    Karena seorang gadis akan mengantarkan pada tujian pernikahan. Selain itu seorang gadis juga akan lebih menyenangkan dan membahagiakan, lebih menarik untuk dinikmati akan berperilaku lebih menyenangkan, lebih indah dan lebih menarik untuk dipandang, lebih lembut untuk disentuh dan lebih mudah bagi suaminya untuk membentuk dan membimbing akhlaknya.

    Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sendiri telah bersabda,

    Hendaklah kalian menikahi wanita-wanita muda, karena mereka mempunyai mulut yang lebih segar, mempunyai rahim yang lebih subur dan mempunyai cumbuan yang lebih menghangatkan.

    Demikian hadits yang diriwayatkan asy-Syirazi, dari Basyrah bin Ashim dari ayahnya, dari kakeknya. Dalam kitab Shahih al_Jami' ash_Shaghir, al-Albani mengatakan, "Hadits ini shahih."

  4. Dianjurkan untuk tidak menikahi wanita yang masih termasuk keluarga dekat, karena Imam Syafi'I pernah mengatakan, "Jika seseorang menikahi wanita dari kalangan keluarganya sendiri, maka kemungkinan besar anaknnya mempunyai daya piker yang lemah."

  5. Disunahkan bagi seorang muslim untuk menikahi wanita yang mempunyai silsilah keturunan yang jelas dan terhormat, karena hal itu akan berpengaruh pada dirinya dan juga anak keturunannnya. Berkenaan dengan hal tersebut, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

    Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscahya kamu beruntung. (HR. Bukhari, Muslim dan juga yang lainnya).

  6. Hendaknya wanita yang akan dinikahi itu taat beragama dan berakhlak mulia. Karena ketaatan menjalankan agama dan akhlaknya yang mulia akan menjadikannya pembantu bagi suaminya dalam menjalankan agamanya, sekaligus akan menjadi pendidik yang baik bagi anak-anaknya, akan dapat bergaul dengan keluarga suaminya.

    Selain itu ia juga akan senantiasa mentaati suaminya jika ia akan menyuruh, ridha dan lapang dada jika suaminya memberi, serta menyenangkan suaminya berhubungan atau melihatnnya. Wanita yang demikian adalah seperti yang difirmankan Allah Ta'ala,

    "Sebab itu, maka wanita-wanita yang shahih adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminyatidak berada di tempat, oleh karena Allah telah memelihara mereka". (an-Nisa:34).

    Sedangkan dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
    "Dunia ini adalah kenikmatan, dan sebaik-baik kenikmatannya adalah wanita shalihah". (HR. Muslim, Nasa'I dan Ibnu Majah).

  7. Selain itu, hendaklah wanita yang akan dinikahi adalah seorang yang cantik, karena kecantikan akan menjadi dambaan setiap insan dan selalu diinginkan oleh setiap orang yang akan menikah, dan kecantikan itu pula yang akan membantu menjaga kesucian dan kehormatan. Dan hal itu telah disebutkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam hadits tentang hal-hal yang disukai dari kaum wanita.

    Kecantikan itu bersifat relatif. Setiap orang mempunyai gambaran tersendiri tentang kecantikan ini sesuai dengan selera dan keinginannya. Sebagian orang ada yang melihat bahwa kecantikan itu terletak pada wanita yang pendek, sementara sebagian yang lain memandang ada pada wanita yang tinggi.

    Sedangkan sebagian lainnya memandang kecantikan terletak pada warna kulit, baik coklat, putih, kuning dan sebagainya. Sebagian lain memandang bahwa kecantikan itu terletak pada keindahan suara dan kelembutan ucapannya.
Demikianlah, yang jelas disunahkan bagi setiap orang untuk menikahi wanita yang ia anggap cantik sehingga ia tidak tertarik dan tergoda pada wanita lain, sehingga tercapailah tujuan pernikahan, yaitu kesucian dan kehormatan bagi tiap-tiap pasangan.

--------
Sumber: Fikih Keluarga, Syaikh Hasan Ayyub, Cetekan Pertama, Mei 2001, Pustaka Al-kautsar Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TIPS CERDAS BAGI WAKTU


Sobatttttt pernah nggak merasa bingung membagi waktu? Kerjaan ini belum selesai, pas melihat to-do-list, kok ya masih banyak tugas lain yang harus diselesaikan. Pusssiiing! (serrring.... wah kacau... manajemen waktunya buruk berarti)

Akhirnya tidak jarang kita malah mogok ngapa-ngapain (stress sendiri nggak tahu bagaimana menyelesaikan kerjaan yang masih menggunung).
Nah berikut ini adalah sedikit tips untuk membagi waktu yang efektif, mudah-mudahan bisa berguna bagi kita semua :

1. Sesuaikan aktivitas dengan “jam biologis” kita! Ada istilah “orang pagi” atau “orang malam”, yaitu kondisi di mana energi dan konsentrasi seseorang sedang tinggi-tingginya, ada yang berkonsentrasi tinggi kalau sudah malam, ada juga yang justru baru semangat di pagi hari.

Biasanya pada waktu-waktu ini, kerja apa saja cepat selesai. Bila kita bisa menyesuaikan aktivitas kita dengan “jam biologis” ini, insya Allah produktivitas kita bisa makin tinggi Sob!

(nah kalau aya jam biologisnya kapan ya??? hmmm... sepertinya dini hari... kalau malam, kerjaannya mau refreshing saja -refreshing terus kapan selesainya-)
 
2. Buat prioritas mana tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu (mana yang lebih penting dan mendesak), dan mana yang masih bisa dikerjakan belakangan! Nah, kerjakanlah tugas sesuai urutan tersebut. Hal ini akan mengurangi panik karena dikejar-kejar deadline!

(hmmm... dikejer-kejer deadline kalau bagi aya tu kayak dikejer-kejer hantu... Kebawa-bawa tugas2nya sampe ke mimpi... Nyeremin... Mejemin mata buat tidur pun susaaaaaaaaaaah dan kalaupun tertidur ndak tenang sama sekali.. Astaghfirullah)

3. Buat urutan tingkat kesulitan tiap tugas. Biasakanlah mengerjakan yang mudah dulu, supaya kita tidak menjadi frustasi atau menghabiskan terlalu banyak waktu di kerjaan yang sulit.

(seeepp... kerjain yang mudah dulu biar lancar, kan MUDAH... kalau sulit bisa-bisa mogok di jalan dan mogok beneran dalam waktu yang lama akhirnya gak ada hasil sama sekali... :p )

4. Perhatikanlah apakah seluruh tugas harus kita yang menyelesaikan sendiri, atau sebenarnya bisa kita limpahkan kepada orang lain! Belajarlah untuk mendelegasikan tugas! Jika ada tugas yang bisa dibagikan kepada teman sekelompok atau se-organisasi, percayakan dia untuk mengerjakannya! Jangan mengerjakan semua hal sendirian Sob, jika memang bisa membagi tugas, itu lebih baik!

(hmmm... bener nih... Kalau memang tugas kelompok ya kerjanya kan bisa dibagi-bagi.. Biar kita juga nggak susah karena ngerjain sendirian atau nggak keenakan karena nggak ada andil sama sekali.. Dan tugas mandiri pun nggak papa kok dikerjain bareng-bareng, biar semangat dan selesai bareng-bareng.. Tapi susah kalau orang yang ndak bisa kerja bareng-bareng... atau biasanya dia bisa melakukan pekerjaan yang maksimal kalau bekerja sendirian.. Mungkin sendirian bisa lebih fokus... ^__^ )

5.Selalu ingat untuk makan makanan bergizi serta berolahraga agar tubuh tetap bugar dan segar! Kondisi tubuh yang sehat sangat baik dalam menjalankan aktivitas yang padat. Kalau kitanya cepat sakit, lemas, dan punya penyakit kambuhan (misalnya Maag), duuh... bagaimana bisa mengerjakan tugas dengan optimal? Pasti membuat manajemen waktu kita menjadi kacau balau.

(nah ini masalahnya sama... Musti makan bergizi dan teratur.. Trus kalau makan aja tanpa olahraga ya gimana ya, makan kan menghasilkan energi nih, maksudnya kalau kita makan baru kita ada tenaga buat beraktivitas ini itu, nah olahraga itu menjaga agar badan kita tetep sehat dan stabil... Beneran deh kalau nggak olahraga -minimal senam-senam kecil di kamar- badan kita jadi gampang sakit dan sangat cepat sekali capek... truuuussss bagi yang ada maag ni.. Kudu musti harus selalu ada cemilan sambil kerja.. Maklum maag itu cepet laper... Karena sekali makan nggak bisa langsung banyak,,, Si lambung dah luka-luka.. -salah sendiri jadi orang malas- nah kalau aya bahaya nih,kalau dah kerja, ndak inget makan lagi, kalau makan di tengah-tengah pekerjaan malah terganggu. hmmm.. Padahal kalau aya rutin ngemil nih pasti aya sedikit gendut...  :( )

6. Konsentrasi dan fokus.
Di setiap mengerjakan tugas, usahakan tetap fokus dan konsentrasi agar kerjaan cepat beres! Jangan memikirkan pekerjaan lain saat mengerjakan sesuatu, ini membuat penyelesaiannya lebih lama.

(Hmmm.. susaaaah banget fokus... Mau ta'awwudz berkali-kali.. Istighfar banyak-banyak.. Kalau mau fokus selalu ada gangguan ... Ada-adaaaaa aja idenya si syaithoonirrojiiim buat ngacauin konsentrasi.. Bener tuh kalau kita fokus maka pekerjaan kita akan CEPET SELESAI... Bayangin cepet selesainya ya... kan enak kalau cepet selesai.. Jangan bayangin susahnya...

Pernah ada sahabat yang kasih pesen waktu lagi mengeluh tentang banyaknya tugas yang harus diselesaikan tapi susah fokus dan maleeeeesnya minta ampuuun :

KERJA KERAS HARI INI UNTUK SANTAI HARI ESOK..


7. Supaya aliran darah tetap berjalan lancar, istirahatlah selama 5 - 10 menit setiap 30 - 40 menit mengerjakan tugas!

(SIIIIP... bener nih... Pernah baca sebuah buku waktu SMP dulu.. Dikasih kakak kelas tersayang.. bahwa kita itu cuma bisa fokus selama 17 menit... So setiap 17 menit sekali tu musti refresh sebentaaaar saja.. Entah menggerak-gerakkan badan sedikit dan sebagainya... ^__^ )

8. Mulailah berkata “tidak” pada hal-hal yang dapat merusak alur rencana pengerjaan tugasmu!

(Ini biasanya awal-awal agak susah, apalagi diri yang punya rasa empati yang beeeesaaaaaaaaaaarrr.... susah nolak padahal sudah ada serentetan tugas yang musti diselesaikan di schedule kita...

9 Jangan mudah menerima tugas baru! Ukurlah kemampuan kita dan jumlah waktu yang kita miliki, dengan jumlah tugas yang harus diselesaikan. Jika overload... beranilah untuk menolak tugas baru yang diberikan!
Sama dengan flashdisk, diri kita juga memiliki kapasitas maksimal Sob! Flashdisk yang berukuran 8 GB yaa tidak bisa dipaksakan untuk diisi sampai 12 GB. Bahkan kalau kepenuhan kapasitas, bisa-bisa rusak dan lelet kinerjanya looh... So, jangan pernah memaksakan diri kita untuk menyanggupi setiap tugas yang diberikan oleh orang lain, bisa jadi kita malah mengecewakan diri sendiri dan banyak orang.

(nah ini juga,,, sebelum meng-IYA-kan pikirkan MATANG-MATANG ya... tugas itu AMANAH loh... taukah gimana kalau menelantarkan amanah yang sudah KITA TERIMA............. )

Semoga sukses membagi waktu dan berhasil mengerjakan setiap kewajiban dengan optimal!
aaaaamiiiiiiiiiiiin

Sumber: Gubahan dari www.kafesantai.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAGI-LAGI TENTANG MALASSS... :p

Ya ALLAH... Sekarang seharusnya adalah masa2 tanpa rasa malas.. Tapi diri ini keterlaluan, ntah apa yang ada di fikiran sehingga gampang sekali down lalu down pada beberapa hal tersebut menyebabkan malas.. naudzubillahi min dzalik... Masa-masa kuliah buatku masa-masa yang rentan,. Semangat yang jatuh bangun sudah biasa. Tapi makin ke atas makin gencar saja si malas mendekatiku.. Padahal aku sedang berada dalam tuntutan SKRIPSWEET.....  duh ALLAH........... helppp... helppp...
 
Hati-hati Sobattt, rasa malas adalah sejenis penyakit mental. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas-jelas sangat merugikan. Rasa malas sesungguhnya menggambarkan hilangnya motivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan, pengaruh malas ini cukup besar terhadap menurunnya produktivitas. 

Misalnya, di usia 30 tahun harusnya seorang yang berpotensi menjadi penulis bisa menghasilkan ratusan cerpen dan puluhan buku, tapi karena dia malas menulis, juga selalu menunda-nunda “Besok aja deh!” akhirnya selama bertahun-tahun ia hanya dapat merampungkan 5 naskah, itu pun sudah girang sekali.

Menurut (Edy Zaqeus: 2008) Malas diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam keluarga besar rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban, dll.


Karena malas, seseorang seringkali tidak produktif bahkan mengalami stag. Badan terasa lesu, semangat dan gairah menurun, ide pun tak mengalir. Akibatnya tidak ada kekuatan apapun yang membuat kita bisa bekerja. Kalau dibiarkan saja, penyakit malas ini akan semakin “kronis”.

Tips Memberantas Rasa Malas 

1. Ganti “Kapan Selesainya?” dengan “Saya Mulai Sekarang!”
Apabila kita dihadapkan pada satu tugas besar atau proyek, sebaiknya JANGAN berpikir mengenai rumitnya tugas tersebut dan membayangkan kapan bisa diselesaikan. Sebaliknya, fokuslah pada pikiran positif dengan membagi tugas besar tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyelesaikannya satu demi satu. Katakan setiap kali kita bekerja: “Saya mulai sekarang”. Cara pandang ini akan menghindarkan diri dari perasaan terbebani, stress, dan kesulitan. 

2.Ganti “Saya Harus” dengan “Saya Ingin”
Berpikir bahwa kita harus mengerjakan sesuatu secara otomatis akan mengundang perasaan terbebani dan kita menjadi malas mengerjakannya. Kita akan mencari seribu alasan untuk menghindari tugas tersebut. Satu tip yang bisa kita gunakan adalah mengganti “saya harus mengerjakannya” dengan “saya ingin mengerjakannya”.


Cara pikir seperti ini akan menghilangkan mental blok dengan menerima bahwa kita tidak harus melakukan pekerjaan yang kita tidak mau. Kita mau mengerjakan tugas karena memang kita ingin mengerjakannya, bukan karena paksaan pihak lain. Kita selalu punya pilihan dalam kehidupan ini. Tentunya pilihan sebaiknya dibuat dengan sadar dan tidak merugikan orang lain. Intinya adalah tidak ada seorang pun di dunia ini yang memaksa kita untuk melakukan sesuatu, melainkan karena kita menginginkannya. 

3. Kita Bukan Manusia Sempurna
Berpikir bahwa kita harus menyelesaikan pekerjaan sesempurna mungkin akan membawa kita dalam kondisi mental tertekan. Akibatnya kita mungkin akan malas memulainya.kitaharus bisa menerima bahwa kita pun bisa berbuat salah dan tidak semua harus sempurna.


Berpikir bahwa pekerjaan harus diselesaikan secara sempurna akan membuat kita memandang pekerjaan tersebut dari hal yang besar dan rumit. 

4. Mulailah Membuat Tujuan Tertulis
Orang yang malas biasanya tidak memiliki motivasi untuk berkembang ke arah kehidupan yang lebih baik. Sementara orang yang tidak memiliki motivasi biasanya tidak memiliki tujuan-tujuan hidup yang pantas dan layak untuk diraih. Dan orang yang tidak memiliki tujuan-tujuan hidup, biasanya sangat jarang bahkan mungkin tidak pernah menuliskan resolusi atau komitmen-komitmen pencapaian hidup. Di sinilah pangkal persoalannya.


Tanpa tujuan, resolusi, atau komitmen-komitmen pencapaian hidup, maka seseorang hanya bergerak secara naluriah dan sangat rentan diombang-ambingkan situasi di sekelilingnya. Posisi seperti ini membuatnya menjadi pasif, menunggu, tergantung pada situasi, dan cenderung menyerah pada nasib. Dalam keadaan seperti ini, tidak akan ada motivasi untuk meraih atau mencapai sesuatu. Tidak adanya sumber-sumber motivasi hidup menyebabkan kemalasan.


Supaya motivasi muncul, seseorang harus berani memutuskan tujuan- tujuan hidupnya. Menurut Andrias Harefa dalam bukunya Agenda Refleksi dan Tindakan Untuk Hidup Yang Lebih Baik (GPU, 2004), dia harus membuat komitmen atas apa saja yang ingin diselesaikan, dicapai, dimiliki, dilakukan, dan dinikmati (disingkat secamilanik).


Contoh komitmen; “Pada ulang tahun yang ke …. saya sudah harus menyelesaikan buku yang saya tulis, meraih promosi pekerjaan, mencapai gelar S-3, memiliki rumah dan mobil, melakukan sejumlah kunjungan ke mancanegara, dan menikmati kebahagiaan bersama keluarga.” 

5. Mengasah Kemampuan dengan Pembelajaran Orang yang memiliki tujuan-tujuan hidup yang pasti, membuat resolusi dan komitmen-komitmen pencapaian biasanya memiliki motivasi tinggi 
 Tetapi tujuan yang samar-samar jelas tidak memberikan dampak motivasional yang signifikan. Nah, akan lebih baik lagi jika tujuan- tujuan dilengkapi dengan aktivitas-aktivitas pembelajaran, seperti mencari cara-cara yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan- tujuan tersebut.


Kita juga perlu sekali mengasah kemampuan atau ketrampilan-ketrampilan supaya langkah-langkah yang diambil itu akan membawa kita pada pencapaian tujuan secara efektif dan efisien. Contoh: jika pada tahun yang sudah ditargetkan kita ingin menjadi konsultan, maka sejak sekarang aktivitas-aktivitas kita sudah harus difokuskan ke arah tujuan tersebut.


Kita harus terus mengasah kemampuan mendiagnosa masalah, menemukan penyebab, menganalisis, mengkomunikasikan gagasan, menawarkan solusi, dan memperbaiki kemampuan presentasi. Jika aktivitas-aktivitas pembelajaran itu dilakukan secara konsisten dan dengan komitmen sepenuhnya, maka kita telah berada di jalur yang benar. Aktivitas-aktivitas pembelajaran akan menempatkan kita pada posisi dan lingkungan yang dinamis. Kemampuan kita dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah juga akan meningkat.


Dengan sendirinya ini akan semakin memperkuat rasa percaya diri kita, menebalkan komitmen pencapaian tujuan, dan tentu saja menumbuhkan semangat. Sebaliknya, jika kita sama sekali menolak aktivitas-aktivitas pembelajaran, komitmen akan semakin melemah, semangat turun, dan kemalasan akan datang dengan cepat. Pada titik ini, tujuan-tujuan, resolusi atau komitmen yang sudah kita buat sudah tidak memiliki arti lagi. Sayang sekali.

6. Gabung dengan Pergaulan Dinamis
Para pemenang berkumpul dengan sesama pemenang, sementara para pecundang cenderung berkumpul dengan sesama pecundang. Ungkapan tersebut mengandung kebenaran. Sulit sekali bagi seorang pemalas untuk hidup di lingkungan para pemenang. Sulit bagi orang malas untuk berada secara nyaman di tengah-tengah orang yang sangat optimis, sibuk, giat bekerja, dan bersemangat mengejar prestasi. Demikian sebaliknya.


Sulit sekali bagi para high achiever untuk betah berlama- lama dengan para orang malas dan pesimistik. Situasi atau lingkungan di mana kita berada sungguh ada pengaruhnya. Orang yang mulai dihinggapi rasa malas sangat dianjurkan agar menjauhi mereka yang juga mulai diserang kebosanan, putus asa, rasa enggan, apalagi negative thinking. Sepintas, berkeluh kesah dengan mereka dengan orang-orang seperti itu dapat melegakan hati.


Ada semacam rasa pelepasan dari belenggu psikologis. Walau demikian, dalam situasimalas sedang menyerang, mendekati orang-orang yang sedang down sama sekali tidak menolong satu sama lain. Rasa malas dan kebuntuan justru bisa tambah menjadi-jadi. Ini bisa menjerumuskan masing-masing pihak pada pesimisme, keputusasaan, dan kemalasan total.


Jika rasa malas mulai menyerbu kita, jangan berlama-lama duduk berdiam diri. Cara paling ampuh menghilangkan kemalasan adalah bangkit berdiri dan menghampiri orang-orang yang sedang tekun dan bersemangat melakukan sesuatu. Dekati mereka yang sedang bekerja keras untuk meraih impian-impiannya.
Manusia-manusia optimis, self- motivated, punya ambisi, positive thinking, dan memiliki tujuan hidup pasti, umumnya memancarkan aura positif kepada apa pun dan siapa pun di sekelilingnya. Pancaran optimisme dan semangat itulah yang bisa menginspirasi orang lain, bahkan menularkan semangat yang sama sehingga orang lain jadi ikut tergerak. 

7. Disiplin Diri
Ada sebuah ungkapan yang sangat dalam maknanya dari Andrie Wongso, Motivator No.1 Indonesia, yang bunyinya; “Jika kita lunak di dalam, maka dunia luar akan keras kepada kita. Tapi jika kita keras di dalam, maka dunia luar akan lunak kepada kita”.


Kata-kata mutiara yang luar biasa ini menegaskan, bahwa jika kita mau bersikap keras pada diri sendiri, dalam arti menempa rasa disiplin dalam berbagai hal, maka banyak hal akan bisa kita kerjakan dengan baik. Sikap keras pada diri sendiri atau disiplin itulah yang umumnya membawa kesuksesan bagi karir para olahragawan dan pekerja profesional yang memang menuntut sikap disiplin dalam banyak hal.


Bayangkan, bagaimana seorang atlet bisa menjadi juara jika dia tidak disiplin berlatih? Bagaimana mungkin ada pekerja profesional yang bagus karirnya jika dia sering mangkir atau bolos kerja? Sebaliknya, jika kita terlalu lunak atau memanjakan diri sendiri, memelihara kemalasan, mentolerir kinerja buruk, tidak merasa bersalah jika lalai atau gagal dalam tugas, maka dunia luar akan sangat tidak bersahabat.


Olahragawan yang manja pasti tidak akan pernah jadi juara. Seorang sales yang malas tidak akan pernah besar penjualannya. Seorang konsultan yang menolerir kinerja buruk pasti ditinggalkan kliennya. Dan pekerja yang tidak disiplin pasti mudah jadi sasaran PHK. Jika kita lunak pada diri sendiri, maka dunia akan keras pada kita.


Sobatttttt, yuuk berantas rasa malas yang pasti sering menyergap diri kita! Semoga tips di atas dapat membantu… *aku juga kalian... insyaALLAH.. aaamiiiiiiiiiiin

Sumber: www.pengembangandiri.com, kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...