SALAM MESSAGE .n_n.

Kamis, 01 Maret 2012

TIPS CERDAS BAGI WAKTU


Sobatttttt pernah nggak merasa bingung membagi waktu? Kerjaan ini belum selesai, pas melihat to-do-list, kok ya masih banyak tugas lain yang harus diselesaikan. Pusssiiing! (serrring.... wah kacau... manajemen waktunya buruk berarti)

Akhirnya tidak jarang kita malah mogok ngapa-ngapain (stress sendiri nggak tahu bagaimana menyelesaikan kerjaan yang masih menggunung).
Nah berikut ini adalah sedikit tips untuk membagi waktu yang efektif, mudah-mudahan bisa berguna bagi kita semua :

1. Sesuaikan aktivitas dengan “jam biologis” kita! Ada istilah “orang pagi” atau “orang malam”, yaitu kondisi di mana energi dan konsentrasi seseorang sedang tinggi-tingginya, ada yang berkonsentrasi tinggi kalau sudah malam, ada juga yang justru baru semangat di pagi hari.

Biasanya pada waktu-waktu ini, kerja apa saja cepat selesai. Bila kita bisa menyesuaikan aktivitas kita dengan “jam biologis” ini, insya Allah produktivitas kita bisa makin tinggi Sob!

(nah kalau aya jam biologisnya kapan ya??? hmmm... sepertinya dini hari... kalau malam, kerjaannya mau refreshing saja -refreshing terus kapan selesainya-)
 
2. Buat prioritas mana tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu (mana yang lebih penting dan mendesak), dan mana yang masih bisa dikerjakan belakangan! Nah, kerjakanlah tugas sesuai urutan tersebut. Hal ini akan mengurangi panik karena dikejar-kejar deadline!

(hmmm... dikejer-kejer deadline kalau bagi aya tu kayak dikejer-kejer hantu... Kebawa-bawa tugas2nya sampe ke mimpi... Nyeremin... Mejemin mata buat tidur pun susaaaaaaaaaaah dan kalaupun tertidur ndak tenang sama sekali.. Astaghfirullah)

3. Buat urutan tingkat kesulitan tiap tugas. Biasakanlah mengerjakan yang mudah dulu, supaya kita tidak menjadi frustasi atau menghabiskan terlalu banyak waktu di kerjaan yang sulit.

(seeepp... kerjain yang mudah dulu biar lancar, kan MUDAH... kalau sulit bisa-bisa mogok di jalan dan mogok beneran dalam waktu yang lama akhirnya gak ada hasil sama sekali... :p )

4. Perhatikanlah apakah seluruh tugas harus kita yang menyelesaikan sendiri, atau sebenarnya bisa kita limpahkan kepada orang lain! Belajarlah untuk mendelegasikan tugas! Jika ada tugas yang bisa dibagikan kepada teman sekelompok atau se-organisasi, percayakan dia untuk mengerjakannya! Jangan mengerjakan semua hal sendirian Sob, jika memang bisa membagi tugas, itu lebih baik!

(hmmm... bener nih... Kalau memang tugas kelompok ya kerjanya kan bisa dibagi-bagi.. Biar kita juga nggak susah karena ngerjain sendirian atau nggak keenakan karena nggak ada andil sama sekali.. Dan tugas mandiri pun nggak papa kok dikerjain bareng-bareng, biar semangat dan selesai bareng-bareng.. Tapi susah kalau orang yang ndak bisa kerja bareng-bareng... atau biasanya dia bisa melakukan pekerjaan yang maksimal kalau bekerja sendirian.. Mungkin sendirian bisa lebih fokus... ^__^ )

5.Selalu ingat untuk makan makanan bergizi serta berolahraga agar tubuh tetap bugar dan segar! Kondisi tubuh yang sehat sangat baik dalam menjalankan aktivitas yang padat. Kalau kitanya cepat sakit, lemas, dan punya penyakit kambuhan (misalnya Maag), duuh... bagaimana bisa mengerjakan tugas dengan optimal? Pasti membuat manajemen waktu kita menjadi kacau balau.

(nah ini masalahnya sama... Musti makan bergizi dan teratur.. Trus kalau makan aja tanpa olahraga ya gimana ya, makan kan menghasilkan energi nih, maksudnya kalau kita makan baru kita ada tenaga buat beraktivitas ini itu, nah olahraga itu menjaga agar badan kita tetep sehat dan stabil... Beneran deh kalau nggak olahraga -minimal senam-senam kecil di kamar- badan kita jadi gampang sakit dan sangat cepat sekali capek... truuuussss bagi yang ada maag ni.. Kudu musti harus selalu ada cemilan sambil kerja.. Maklum maag itu cepet laper... Karena sekali makan nggak bisa langsung banyak,,, Si lambung dah luka-luka.. -salah sendiri jadi orang malas- nah kalau aya bahaya nih,kalau dah kerja, ndak inget makan lagi, kalau makan di tengah-tengah pekerjaan malah terganggu. hmmm.. Padahal kalau aya rutin ngemil nih pasti aya sedikit gendut...  :( )

6. Konsentrasi dan fokus.
Di setiap mengerjakan tugas, usahakan tetap fokus dan konsentrasi agar kerjaan cepat beres! Jangan memikirkan pekerjaan lain saat mengerjakan sesuatu, ini membuat penyelesaiannya lebih lama.

(Hmmm.. susaaaah banget fokus... Mau ta'awwudz berkali-kali.. Istighfar banyak-banyak.. Kalau mau fokus selalu ada gangguan ... Ada-adaaaaa aja idenya si syaithoonirrojiiim buat ngacauin konsentrasi.. Bener tuh kalau kita fokus maka pekerjaan kita akan CEPET SELESAI... Bayangin cepet selesainya ya... kan enak kalau cepet selesai.. Jangan bayangin susahnya...

Pernah ada sahabat yang kasih pesen waktu lagi mengeluh tentang banyaknya tugas yang harus diselesaikan tapi susah fokus dan maleeeeesnya minta ampuuun :

KERJA KERAS HARI INI UNTUK SANTAI HARI ESOK..


7. Supaya aliran darah tetap berjalan lancar, istirahatlah selama 5 - 10 menit setiap 30 - 40 menit mengerjakan tugas!

(SIIIIP... bener nih... Pernah baca sebuah buku waktu SMP dulu.. Dikasih kakak kelas tersayang.. bahwa kita itu cuma bisa fokus selama 17 menit... So setiap 17 menit sekali tu musti refresh sebentaaaar saja.. Entah menggerak-gerakkan badan sedikit dan sebagainya... ^__^ )

8. Mulailah berkata “tidak” pada hal-hal yang dapat merusak alur rencana pengerjaan tugasmu!

(Ini biasanya awal-awal agak susah, apalagi diri yang punya rasa empati yang beeeesaaaaaaaaaaarrr.... susah nolak padahal sudah ada serentetan tugas yang musti diselesaikan di schedule kita...

9 Jangan mudah menerima tugas baru! Ukurlah kemampuan kita dan jumlah waktu yang kita miliki, dengan jumlah tugas yang harus diselesaikan. Jika overload... beranilah untuk menolak tugas baru yang diberikan!
Sama dengan flashdisk, diri kita juga memiliki kapasitas maksimal Sob! Flashdisk yang berukuran 8 GB yaa tidak bisa dipaksakan untuk diisi sampai 12 GB. Bahkan kalau kepenuhan kapasitas, bisa-bisa rusak dan lelet kinerjanya looh... So, jangan pernah memaksakan diri kita untuk menyanggupi setiap tugas yang diberikan oleh orang lain, bisa jadi kita malah mengecewakan diri sendiri dan banyak orang.

(nah ini juga,,, sebelum meng-IYA-kan pikirkan MATANG-MATANG ya... tugas itu AMANAH loh... taukah gimana kalau menelantarkan amanah yang sudah KITA TERIMA............. )

Semoga sukses membagi waktu dan berhasil mengerjakan setiap kewajiban dengan optimal!
aaaaamiiiiiiiiiiiin

Sumber: Gubahan dari www.kafesantai.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trims ya sudah berkenan ninggalin jejak di Memories of My Life .n_n.