SALAM MESSAGE .n_n.

Minggu, 09 Oktober 2011

PERSONALITY TEST :D

Heyyy!! Tadi sore selepas ngajar di Sriwijaya Edu-Center, Aya yang lagi duduk santai di ruang tamu sambil melihat-lihat absensi tutor, ditawari kakak senior buat ngisi kuisioner. Katanya sih PERSONALITY TEST. Hmm.. Katanya, "Ria aja coba isi, ni test kepribadian..." Aya lihat, Aya bolak-balik lembaran kertas yang ada di tangan Aya, hmm.. 5 lembar -kalau ndak salah-. "Boleh deh". Aya duduk fokus di meja resepsionis -hehehe- di ruang tamu, dan mulai membaca sepatah demi sepatah kata.

Aya hampir lupa rangkaian kata-kata yang tertulis di berlembar-lembar kertas tadi, tapi Aya coba berbagi cerita, walau tak banyak. ^^

Test pertama, mau ngetes, keseimbangan otak kiri dan kanan.. ^^
Hasilnya : SEIMBANG.. (horrayy)

Test Kedua, mau ngetes, Tipe kepribadian.. ^^
Hasilnya : MELANCOLIS PHLEGMATIS.. (Mellowwww, Sang Perfeksionis, Cinta Damai, Ga suka debat)

Test Ketiga, mau ngetes, Gaya Belajar.. ^^
Hasilnya : VISUAL.. (sukaaaaa banget gambar-gambar, peta konsep, grafik, dan sebagainya)

Test Keempat, mau ngetes kemampuan Interpersonal dan intrapersonal.. ^^
Hasilnya : Aya Buagussss banget di INTRAPERSONAL... ( artinyaaa sangat sangat sangat suka Menyendiri dan Sendirian......)

KEREN BANGET Test nyaaaaaaaaaaaaaaaa...
Pengen banget minta soft copy-nyaa... Biar bisa berbagi, buat teman-teman, jadi bisa ngetes sendiri... ^^
Sabar yaa,.,. Nanti kalau dapat, Aya bagi-bagi..



Dalam ilmu psikologi, dikenal teori 4 tipe kepribadian. Teori ini dikenalkan pertama kali oleh Galen, seorang ahli fisiologi yang hidup pada abad ke-2 Masehi. Walaupun tipe ini dianggap kuno, tetapi masih digunakan oleh psikolog-psikolog di jaman modern ini. Tipe-tipe tersebut adalah Kholeris, Sanguinis, Melankolis dan Plegmatis.










Dari 4 tipe kepribadian ini, tiap orang mempunyai kombinasi dari dua kepribadian. Umumnya salah satunya lebih dominan, kadang juga keduanya seimbang. Bila hanya 1 dari tipe kepribadian, maka dapat dikatakan tipe kepribadian sejati. Misalnya Sanguinis sejati. Sanguin dan koleris bisa berkombinasi secara alami karena keduanya ekstrovert, optimis dan terus terang. Kombinasi ini menghasilkan individu yang sangat energik. Phlegmatis dan melankolis bisa berkombinasi karena keduanya introvert, pesimis dan lembut.

Kholeris

Koleris merupakan karakter orang yang keras, tegas dan sangat menuntut. Energinya yang besar mampu membuatnya melakukan hal-hal yang sulit, koleris memiliki dorongan dan keyakinan kuat akan kemampuan mereka, pantang menyerah dan tidak mengenal kata gagal dalam hidupnya. Selain energi yang besar, mereka juga berpikir dengan sanga cepat. Cepat dalam mengambil keputusan. Orang koleris tidak bisa diam, mereka selalu saja mencari suatu pekerjaan, kegiatan atau proyek untuk dikerjakan. Berdiam diri adalah hal bodoh bagi mereka. Lingkungan yang penuh dengan tantangan adalah lingkungan yang mampu membuatnya semakin percaya diri dan mengasah kemampuannya pada tingkat yang optimal.

Mereka memiliki bakat menjadi pemimpin, sangat dinamis dan aktif serta sangat membutuhkan perubahan. Jika melihat kesalahan, maka walaupun tidak diminta maka mereka merasa perlu ikut memperbaiki kesalahan itu sebab, orang koleris merasa memiliki tanggung jawab. Dalam pekerjaan, orang koleris berorientasi pada target yang harus dicapai, bila menghadapi masalah, maka mereka akan selalu mencari pemecahan praktis. Mereka juga sangat tidak suka orang yang bekerja sangat lamban dan berbicara tidak langsung pada sasaran (straight to the point). Bila harus melakukan perdebatan maka mereka akan menyiapkan diri dengan sangat baik. Hal ini agar mereka bisa memenangkan perdebatan atau diskusi yang akan mereka lakukan. Keyakinan diri dan kekuatan orang koleris membuat mereka unggul dalam keadaan darurat yang membutuhkan kecepatan berpikir dalam mengambil keputusan. Kemampuan alami orang koleris ini membuat mereka mampu menyelesaikan sendiri hampir semua masalah sehingga mereka jarang membutuhkan bantuan orang lain.

Orang koleris juga jarang atau hampir tidak pernah menangis. Jika mereka menjadi pemimpin maka mereka paling tidak suka orang yang plin plan, banyak bicara tapi tidak produktif. Sebenarnya kelemahan pribadi koleris tidak ada, yang ada adalah kekuatan yang digunakan secara berlebihan. Keinginan mereka untuk menjadi pribadi nomor satu adalah hal yang alami bagi mereka. Ini tidak berarti bahwa mereka egois, tetapi ini lebih disebabkan oleh dorongan perasaan bahwa kalau mereka sudah mendapat posisi atau keadaan yang baik maka mereka akan mampu membantu orang lain dengan lebih baik. Orang koleris memang terkadang kurang bijaksana. Dalam bertindak mereka seringkali bisa menjadii sangat marah terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang mereka anggap bodoh. Dan kalau sudah marah, mereka bisa sangat kasar dalam berbicara  (sarkastis), mereka dapat menghancurkan Anda hanya dengan menggunakan kata-kata. Walaupun demikian mereka juga mudah memaafkan orang lain. Dan sangat mudah melupakan kemarahannya. Sering terjadi saat orang disekitarnya masih bingung dengan apa yang terjadi, orang koleris sudah lupa apa yang tadi membuatnya marah.

Kekuatan
Tipe ini berbakat menjadi pemimpin. Suka berprestasi dan mengorganisasikan. Hidupnya berorientasi pada tujuan, aktif dan dinamis.. Berkemauan keras dan tidak mudah putus asa. Tidak menyukai air mata dan emosi. Bebas dan mandiri. Dalam bekerja, suka yang serba teratur dan mencari pemecahan praktis. Mau melakukan tugas yang sulit dan suka ditantang. Bisa mendelagasikan pekerjaan dan mau bekerja untuk kegiatan kelompok . Bergerak cepat untuk bertindak sehingga unggul dalam keadaan darurat.

Emosi
- berbakat pemimpin, dinamis dan aktif
- suka perubahan, selalu memperbaiki kesalahan (introspeksi diri)
- logis, tegas dan berkemauan kuat
- bebas mandiri, tidak mudah menyerah
- percaya diri, mampu dalam banyak hal

Dalam Pekerjaan :
- bergerak cepat dalam bertindak, berkembang, bersaing
- orientasi pada target, pandai memecahkan masalah
- mampu memberikan semangat kepada orang lain

Sebagai Teman :
- tidak terlalu tergantung teman
- mau bekerja dan memimpin
- mau ambil bagian dalam keadaan darurat

Kelemahan
Orang bertipe koleris terlalu bersemangat, suka memerintah dan tidak sabaran, keras kepala dan kaku. Menyukai kontroversi dan pertengkaran, tidak mau menyerah kalau kalah. Tidak simpatik/kurang peka terhadap perasaan orang lain. Suka merasa benar sendiri. Mendominasi orang lain Dalam bekerja, termasuk pecandu kerja, menuntut loyalitas dan penghargaan bawahan. Bisa kasar atau taktis. Mngharapkan pengakuan atas prestasinya.

Kesimpulan Tipe Koleris :
Tipe orang Koleris adalah tipe orang yang berjiwa pemimpin, menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaiki kesalahannya, punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu yang diinginkan, biasanya aktif dalam suatu kegiatan, orang sibuk, menargetkan apa yang akan dicapai.

Sanguins

Orang sanguine terkenal ramah dan sangat suka bicara. Ia bisa berbicara dengan siapa saja dengan menggunakan topik apa saja. Mereka penuh inspirasi dan juga sangat aktif. Dengan kemampuan bicara yang prima, sanguine bisa mempengaruhi orang lain untuk percaya pada apa yang mereka katakan. Mereka bisa menjadi pembicara yang hebat dan sekaligus motivator yang menyenangkan. Sikap mereka cenderung optimistis. Selain pintar mempengaruhi orang lain ternyata ia juga mampu dipengaruhi orang lain. Berbeda dengan orang koleris yang suka memegang kendali, orang sanguine cenderung menjadi pengikut, mereka suka jika semua orang senang padanya. Ia bisa mempunyai banyak kawan dan banyak mengenal orang penting.

Orang sanguine memiliki rasa humor yang tinggi, sehingga ia disukai oleh orang banyak. Ditambah lagi dengan antusiasme dan sikap yang ekspresif, mereka selalu menjadi bintang dalam setiap pertemuan. Mereka sangat menyukai pujian dan perhatian. Mereka adalah orang yang mempunyai impian-impian besar serta sangat kreatif dalam merencanakan sesuatu. Namun, sayangnya mereka hanya pintar bermimpi dan berencana tetapi kurang terdorong untuk mewujudkan impian dan rencananya. Disamping itu orang sanguine sering tidak disiplin dan pelupa.

Kebutuhan dasar mereka adalah pengakuan dan penghargaan. Mereka sangat takut kehilangan popularitas dan kawan, sehingga sangat rawan akan godaan dan cobaan. Dalam hal pekerjaan, orang sanguine sangat tidak suka pada pekerjaan yang rutin dan monoton. Namun sangat menyukai pekerjaan yang spontan dan penuh dengan kreativitas. Mereka mempunyai energi dan antusiasme, pandai memberikan ilham bagi orang lain dan pintar mendorong serta memotivasi orang lain untuk ikut bekerja. Orang sanguine tidak merasa kesulitan untuk berbicara dengan orang lain akan tetapi sangat sulit mendengarkan orang lain untuk berbicara. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir dan terkadang kurang tegas sehingga mudah diperalat oleh orang lain.

Kekuatan
Kepribadian yang menyenangkan, ceria, supel, suka bicara dan bercerita. Punya selera humor yang baik. Emosional dan demonstratif. Antusias dan ekspresif. Optimis, Penuh rasa ingin tahu. Berhati tulus, tidak menyimpan dendam dan cepat meminta maaf. Menyukai kegiatan spontan. Dalam bekerja, mengajukan diri secara sukarela untuk bekerja, mengilhami orang lain untuk bergabung dan dapat mempesona orang lain untuk bekerja.

Emosi:
- kepribadian menarik
- pembicara yang baik
- suka berbicara, biasanya memukau pendengar
- menghidupkan suasana, rasa humor tinggi
- emosional dan demostratif
- antusias, ekspresif, penuh semangat, periang

Dalam Pekerjaan :
- suka membantu tugas orang lain
- tampak hebat, kreatif dan inovatif
- menarik perhatian orang lain untuk mengikutinya

Sebagai Teman :
- supel, mudah berteman (gaul), menyenangkan
- mudah minta maaf
- suka dipuji

Kelemahan
Mendominasi percakapan dan suka membesar-besarkan, egoistis, suka mengeluh, kekanak-kanakan, tidak pernah dewasa. Mudah marah/emosional. Sensitif terhadap yang dikatakan orang tentang dirinya. Melupakan kewajiban. Keyakinan cepat luntur, tidak disiplin, mudah teralihkan perhatiannya. Benci sendirian. Tidak tetap/mudah berubah dan pelupa. Pandai berdalih. Suka mencari perhatian, sorotan dan kasih sayang, dukungan dan penerimaan orang di sekelilingnya. Memutuskan dengan perasaan.

Kesimpulan Tipe Sanguinis :
Tipe orang Sanguinis merupakan pribadi yang menyenangkan jadi tidak salah jika banyak orang yang menyukainya, ingin merasa dirinya dikenal banyak orang, ide-idenya gila tetapi kreatif dan inovatif seperti ide-ide orang sukses, ingin dirinya menjadi trend setter agar orang lain mengikuti jejaknya.


Melankolis (Perfeksionis) --->>> it's me :D

Orang melankolis adalah orang yang sangat serius dan tertutup, namun cerdas dan sangat kritis dalam berpikir. Mereka mampu mengerjakan satu pekerjaan dengan sangat tekun dibandingkan dengan tipe kepribadian lain. Mereka memahami sesuatu setahap demi setahap, dan mereka menjalani sebagian besar hidupnya dengan sangat serius. Mereka bisa melihat hal-hal yang tidak terlihat kebanyakan orang karena tingkat ketelitian dan ketajaman analisisnya. Mereka adalah individu yang cakap.

Orang melankolis sangat berhati-hati, teliti dan suka curiga. Mereka tidak senang membuat kesalahan. Orang melankolis senang dengan detail, mereka menyukai data, fakta, angka-angka dan grafik. Orang melankolis menuntut “ikut aturan”. Mereka taat mengikuti instruksi dengan seksama dan tidak mengerti mengapa orang lain tidak bisa melakukan hal yang sama. Mereka tidak keberatan jika tidak mendapat pujian atas pekerjaannya, tetapi mereka akan sangat marah jika disalahkan atas apa yang tidak mereka perbuat. Mereka merasa bahwa pekerjaan akan mencerminkan siapa diri mereka. Oleh karena itu hasil kerjanya harus benar dan baik.

Orang melankolis juga sangat konsisten. Sama seperti orang phlegmatis, orang melankolis senang mengerjakan sesuatu dengan cara yang sama. Prinsipnya, jika telah berhasil satu kali mengapa harus mengubahnya? Sifat konsisten ini juga membuat orang melankolis cenderung menjadi conformist, khususnya bila suatu cara atau metode yang ingin digunakan telah terbukti berhasil dengan baik, maka mereka cenderung tidak mau menggunakan cara lain.

Orang melankolis memiliki perasaan yang sangat halus, mereka tidak mau menyinggung perasaan orang lain. Sebaliknya demikian juga, mereka tidak mau orang lain menyinggung perasaan mereka. Bila seseorang membuat mereka marah dan orang itu tidak meminta maaf, maka orang melankolis akan menyimpan kemarahan dan dendam mereka untuk waktu yang lama. Dalam pekerjaan, orang melankolis selalu berorientasi pada jadwal, mereka menentukan standar yang tinggi dan bersifat perfeksionis. Sangat terorganisir dan tertib.

Orang melankolis sangat sulit memulai interaksi dengan orang lain. Mereka juga suka berteori. Tidak suka bersosialisasi dan merasa damai dan bahagia dengan diri mereka sendiri.

Kekuatan
Perfeksionis, standar tinggi. Cenderung diam dan pemikir sehingga membutuhkan ruang dan ketenangan supaya bisa berpikir dan melakukan sesuatu. Serius dan bertujuan. Analitis. Berbakat dan kreatif. Berfilsafat dan puitis. Bijaksana, Idealis. Menghargai keindahan. Sensitif kepada orang lain. Berteman dengan hati-hati. Puas ada di belakang layar. Menghindari perhatian. Setia dan mengabdi. Mau mendengarkan keluhan dan mudah terharu. Dalam bekerja: suka keteraturan. Serba tertib dan hati-hati. Rapi dalam perencanaan, hemat. 

Emosi
- perasaannya halus, sensitif, dalam
- analitis, serius, tekun, dan idealis
- kreatif, berbakat, rasa seninya tinggi
- menyukai keindahan

Dalam Pekerjaan :
- perfeksionis, standart tinggi, orientasi jadwal
- tertib dan terorganisir
- senang: grafik, bagan, gambar, tabel (visual)

Sebagai Teman :
- hati-hati dalam berteman
- setia, mudah terharu, mudah kasihan
- menghindari perhatian, tidak suka menonjolkan diri
- pendengar yang baik

Kelemahan
Mengingat yang negatif dan menikmati sakit hati. Citra diri rendah dan merendahkan diri sendiri. Standar suka terlalu tinggi. Sangat memerlukan persetujuan. Mementingkan diri sendiri. Terlalu instropektif. Tertekan karena ketidaksempurnaan. Tidak aman secara sosial. Menarik diri dan menjauh. Suka mengkritik orang lain. Tidak menyukai yang menentang. Mencurigai orang lain, pendendam. Tidak mudah memaafkan dan penuh kontradiksi. Dalam kerjaan : suka memilih pekerjaan sulit. suka ragu-ragu dan melewatkan banyak waktu.

Kesimpulan Tipe Melankolis :
Tipe orang Melankolis merupakan pribadi yang cerdas karena dia selalu memikirkan langkah apa yang akan dambil dalam memecahkan masalah. Akan tetapi pribadi Melankolis ini terlalu lama dalam mengambil keputusan karena dia selalu memikirkannya matang-matang agar dia mendapatkan segala sesuatunya itu sempurna. Perasaannya sensitif, jika dia disakiti dia tidak akan mudah melupakannya. Akan tetapi tipe ini merupakan seorang teman yang setia, tidak suka menghianati teman. Dan juga dia ini ibarat orang yang suka bekerja di balik layar, tidak terlalu ingin dirinya menjadi pusat perhatian.

Phlegmatis

Jika Anda ingin berkawan maka orang phlegmatislah orangnya. Sebab mereka tidak suka menuntut, orang yang manis, tidak mendesak dan tidak suka memerintah. Mereka mempunyai  sifat pemalu dan tidak suka menonjolkan diri. Menyukai keramaian atau sosialisasi sejauh keramaian tersebut tidak berpusat pada dirinya. Orang phlegmatis adalah pribadi yang sopan dan mempunyai aturan yang baik dalam pergaulan. Tidak menyukai konflik dan pertentangan. Mereka mampu menjadi penengah yang baik karena tidak mudah tersinggung. Berlawanan dengan orang sanguine yang terbuka, pribadi phlegmatis tertutup walaupun suka bersosialisasi. Mampu menjadi pendengar yang baik. Dalam bekerja, mereka hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu tertentu. Mampu bekerja secara monoton dan berulang-ulang serta tidak banyak variasi. Pribadi phlegmatis mampu menyimpan rahasia, jika mereka sudah berjanji untuk menyimpan rahasia maka mereka tidak akan pernah mau dengan sengaja menceritakan rahasia itu kepada orang lain.

Satu hal yang sulit bagi pribadi phlegmatis adalah untuk berkata “tidak”. Mereka memiliki sifat menyerah dan suka menyenangkan orang lain. Mereka akan berusaha mengerjakan apa yang diinginkan oleh orang lain. Sifat inilah yang terkadang dimanfaatkan oleh tipe kepribadian lain. Mereka dengan mudahnya dibujuk untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan atau membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Mereka suka dengan keadaan yang stabil, dan cenderung tak ingin keluar dari comfort zone  mereka. Phlegmatis tidak menyukai kejutan atau perubahan yang drastis. Karena mereka tidak terlalu banyak menuntut maka pribadi ini dapat menerima hidup apa adanya. Berkawan dengan orang phlegmatis sangatlah menyenangkan karena mereka adalah orang yang rendah hati, sabar dan simpatik. Mereka mempunyai rasa simpati dan empati yang besar terhadap penderitaan orang lain.

Orang phlegmatis adalah pribadi konservatif, mereka selalu berpegang pada norma dan aturan yang bagi mereka sudah terbukti keberhasilannya. Disamping itu mereka sangat praktis dan selalu mencari solusi yang paling sederhana dari setiap masalah yang dihadapi. Orang phlegmatis kadang kala menjadi sangat penakut, plin plan karena tidak ingin mengecewakan orang lain atas jawaban yang diberikan. Orang phlegmatis juga cenderung mencari selamat, mereka takut mendapat malu. Orang phlegmatis kadang kala kurang bersemangat, kurang motivasi. Mereka lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu

Kekuatan
Kadang tipe ini dipandang sebagai orang yang lamban. Sebenarnya bukan karena ia kurang cerdas, tapi justru karena ia lebih cerdas dari yang lain. Mudah bergaul dan santai. Mudah diajak rukun dan menyenangkan. Tenang, teguh, sabar dan seimbang. Hidup konsisten. Tidak banyak cakap tetapi bijaksana. Simpatik dan baik hati. Menyembunyikan emosi. Hidupnya penuh tujuan. Tidak suka mempersoalkan hal sepele. Punya banyak akal dan bisa mengucapkan kata-kata yang tepat di saat yang tepat. Pendengar yang baik, memiliki rasa humor yang tajam. Suka mengawasi orang lain. Berbelas kasihan dan peduli. Dalam bekerja: cakap dan mantap, dapat menengahi masalah. Menghindari pertikaian. Menemukan cara yang mudah. Baik dibawah tekanan.

Emosi :
- rendah hati, tenang dan sabar
- simpatik, baik hati, pendiam
- mampu mengendalikan/menyembunyikan emosi
- mudah bersyukur, mudah bahagia

Dalam Pekerjaan :
- mudah kompromi, mudah sepakat
- menjadi penengah ketika ada masalah
- menghindari konflik
- kuat dalam tekanan

Sebagai teman :
- berhati-hati, tidak suka menyinggung orang lain
- pendengar yang baik, punya banyak teman
- mudah bergaul, menyenangkan dan rileks

Kelemahan
Terlalu pemalu dan tidak banyak bicara. Tidak suka keramaian. Suka takut dan kawatir. Mementingkan diri sendiri dan suka merasa benar sendiri. Tidak antusias. Suka menilai orang lain. Suka menunda-nunda sesuatu. Kurang disiplin dan motivasi diri. Malas dan tidak peduli. Membuat orang lain merosot semangatnya. Lebih suka menonton. Tidak suka tantangan/resiko. Terlalu suka kompromi. Perlu waktu untuk menerima perubahan. Tidak suka didesak-desak.

Kesimpulan Tipe Phlegmatis :
Tipe orang Phlegmatis merupakan pribadi yang sabar dan senang dalam menghadapi masalah, emosinya tidak meluap-luap ketika dia bahagia atau sedih, pendiam, mampu bekerja dalam tekanan, tidak suka pertengkaran, hati-hati dalam berucap kepada orang lain, menyenangkan.

Berikut cara menghadapi sesorang berdasarkan tipe kepribadian yang di milikinya :

1. Menghadapi Tipe Sanguinis
Kenali kesulitannya dalam menyeleseikan tugas. Sadarilah bahwa mereka berbicara tanpa berpikir lebih dahulu dan terkadang menyinggung persaaan orang lain, tetapi sebenarnya dia hanya bercanda dengan ucapannya. Sadari bahwa mereka menyukai variasi dan fleksibilitas. Bantu mereka agar tidak menerima lebih dari yang mereka bisa lakukan. Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang mereka capai. Ingatlah bahwa mereka mudah emosi. Berilah hadiah untuk event-event tertentu, misalnya sedang berulang tahun atau mendapatkan prestasi

2. Menghadapi Tipe Melankolis
Ketahuilah bahwa mereka sangat sensitif perasaannya dan mudah sakit hati. Motivasi mereka saat mereka kurang optimis. Mereka perlu bantuan agar tidak mudah tertekan. Pujilah dengan tulus dan penuh kasih sayang. Beri kesempatan mereka jika memang sedang ingin sendiri saja. Berusahalah untuk selalu menepati janji sesuai jadwal dengannya, sebab tipe orang Melankolis selalu ingin tepat waktu.

3. Menghadapi Tipe Koleris
Akui bahwa mereka memang berbakat memimpin. Bersikeraslah melakukan komunikasi dua arah. Sadari bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti. Sadari bahwa mereka tidak berbelas kasihan. Berusahalah membagi tanggung jawab. Mereka biasanya selalu benar.

4. Menghadapi Tipe Phlegmatis
Sadarilah bahwa mereka memerlukan motivasi langsung. Bantulah mereka menetapkan tujuan
jangan mengharapkan antusiasme. Sadari bahwa mereka menunda-nunda pekerjaan karena itu bentuk kontrol mereka. Paksalah mereka untuk membuat keputusan. Motivasilah mereka untuk menerima tanggung jawab.

Kira-kira kamu termasuk tipe yang mana?
Yah… apapun hasil pengamatan ini, yang terpenting dengan mengetahui tipe kepribadian ini, kita dapat lebih mengembangkan kekuatan pribadi kita dan berusaha mengurangi kelemahannya , sekalian intropeksi juga..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

24 komentar:

  1. Bismillah

    Nice post..
    Setiap pribadi itu unik dan istimewa..

    BalasHapus
  2. Yuppp.. ^_^ terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak di sini...

    BalasHapus
  3. Eh, kk ini kayaknya dulu pernah kirim personality tes deh ke Aya... Aya lupa udah Aya kirim belum form tesnya... Soalnya Aya belum dapet balasan lagi dari kk.. nah sudah diisi, kalo boleh Aya forward lagi kak, balas yaa ^_^

    BalasHapus
  4. Υοuг curгent post pгoνides establisheԁ necessary to mуself.
    It’ѕ extгemеly uѕeful аnd yοu're naturally really educated in this area. You get exposed our face to be able to different opinion of this particular subject along with interesting and solid content material.

    Feel free to surf to my site: Vociglobali.it

    BalasHapus
  5. kak tanya, caranya ngetes keseimabangan otak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengetahui keseimbangan otak kiri dan otak kanan atau mencari tahu mana yang dominan? Saya sebenarnya bukan mempelajari bidang ini Dek, tapi saya pernah baca cara sederhana mengetahui mana yang dominan.

      Letakkan kedua tangan Anda berpegangan, seperti layaknya orang berdoa. Jika Anda lihat, Ibu jari kiri berada di bawah ibu jari tangan kanan, maka Anda pengguna dominan otak kiri. Ibu jari kanan berada di bawah ibu jari tangan kiri, maka Anda pengguna dominan otak kanan.

      Trus pernah juga kebaca, cara menyeimbangkan otak kiri dan kanan adalah dengan menggabungkan latihan otak kiri dan otak kanan ^^v

      Hapus
  6. yang pengen saya tau keseimbangan otak kak, kalo caranya emang dah pernah baca, tapi cara mengetahui otak kita digunakan secara seimbang itu yg saya mau tanya.
    hm... kalo menjalani tes keseimbangan otak, kakak pernah tidak? posting diatas kok kakak tau kalo otak kiri dan kanan kakak seimbang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek, pernah ngisi, dia dalam bentuk form test. Jadi kita menconteng hal-hal yang sesuai dengan yang ada di diri kita.. Sayangnya saya ga minta soft copynya sama Kakak yang ngasih tes itu Dek. Keempat tes yang saya tuliskan di pembukaan postingan di atas itu semuanya ngisi form.

      Kalau untuk poin-poin soalnya sendiri saya sudah lupa, dan saya sangat menyayangkan saya tidak sempat minta soft copynya.

      Ohya, tolong kalau komen jangan pakai anonim tapi biasakan pakai nama ya, Trims. Nanti siapa tahu Allah pertemukan saya dengan sola-soal tes itu akan saya bagi di sini..

      Hapus
    2. Oh ya, kalau adek lebih tahu tentang ini, boleh kok di share, kita berbagi ilmu. Karena ini juga saya dapatkan dari bacaan di internet dan buku Personality Plus milik Florence Littaeur. ^^v

      Hapus
  7. I am extrеmely impressed togetheг with your writing talents as well as with the format on
    уour blοg. Is that this a paid topic or diԁ you customize it your self?
    Either way staу up the niсe quality ωriting, it
    is uncοmmon to peer а greаt weblog
    like thiѕ оne these days..

    Alsο visit my web blog die Abnehm Lösung

    BalasHapus
    Balasan
    1. I made this paper by adapting various writing of the internet and Personality Plus (book owned by FLORENCE LITTAUER). I'm sorry for not including the sources here because I forgot the sources and the address that I took from internet.

      Thank you for visiting here.

      Hapus
  8. Rіght noω іt seеms like Drupаl
    is the best blоgging platform out there right noω.
    (from what I've read) Is that what you are using on your blog?

    Here is my web site - canine hemorrhoids

    BalasHapus
  9. I was suggeѕted this web sitе by my cоuѕin.
    I'm not sure whether or not this submit is written by means of him as no one else know such distinctive approximately my difficulty. You are wonderful! Thanks!

    Also visit my webpage :: hemorroides

    BalasHapus
  10. I'm really impressed with your writing skills as well as with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, it's rare
    to see a nice blog like this one these dayѕ.



    Visit my web site - Hemorrhoids Relief

    BalasHapus
  11. I uѕed to be able to finԁ goоd info from
    уour blog articles.

    Alѕo visit my blog; hemorrhoid Treatment

    BalasHapus
  12. That іѕ a gοoԁ tip ρarticularly tο thoѕe frеsh to the blogosphere.

    Short but very precіѕе іnfο… Manу thаnks for shаrіng thiѕ one.
    Α muѕt rеad article!

    Alsо ѵisit mу blog: hemroids

    BalasHapus
  13. Hi, I thinκ уour ωeb sitе may bе
    haνing web browser comρatibility iѕѕueѕ.
    Whenever I take a look аt уоur blog in Safarі, it lookѕ fine howeνer,
    if οpening in ΙE, it haѕ ѕome overlаpρing issues.
    I merеlу wanted tο рrovіde yοu wіth a quicκ heaԁs up!
    Asіԁe from that, fаntаstic webѕitе!


    Chеck out mу weblog; Hemorrhoids home cure

    BalasHapus
  14. I pay а quick viѕit everyday a fеw ωеb pаges
    and ωebѕiteѕ to read pоsts, howeѵer this blog pгеѕеnts feаture basеd writing.


    Lоok into my page :: visit the next web page

    BalasHapus
  15. Sοmeone necessаrily lenԁ а hanԁ to maκe
    сritiсally artіcles I'd state. That is the very first time I frequented your web page and so far? I surprised with the analysis you made to make this particular post incredible. Excellent process!

    Here is my web site :: yasinclub.Com

    BalasHapus
  16. Υou should takе part in a contest fοr one of the greatest websites οnlіnе.
    I will геcоmmеnd thіѕ blog!


    my weblog; just click the following internet site

    BalasHapus
  17. Wonԁeгful bеat ! I ωish to apрrentice at the ѕame tіmе as you amend уour
    ѕite, how сan i subsсribe fοr
    a weblοg web site? Thе account аіdeԁ me а accеρtаble ԁeal.

    I weгe tiny bit familiаr of this yоur bгоadcast pгovіdеd
    vivid сlеаг conсeρt

    Also vіsit my web blog :: hemorroides

    BalasHapus
  18. Τhis is а topic which іs near to mу heart.
    .. Thаnk you! Where аrе yоur contaсt details though?


    Feel free tο visit my web blog: Mittеl gegen Nagelpilz ()

    BalasHapus

Trims ya sudah berkenan ninggalin jejak di Memories of My Life .n_n.