SALAM MESSAGE .n_n.

Senin, 01 April 2013

POLA HIFDZUL MAHFUDZ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


1.         Tikrorul Mahfudz
Mengulang-ulang bacaan sebelum dihapal. Berapa kali? 500 kali! Susah, nanti ga sempet ngapa-ngapain. 100 kali! Masoh sisah? Ya udah, minimal 20 kali/ayat. Baru hapalkan. Ulang-ulang, baca terus sampe bosen. Baru hapalkan.
2.         Istimi`atul Mahfudz
Dengarkan sebelum dihapal. 1000 kali! Kalau ayatnya panjang, kan sekarang udah modern. Bisa pake mp3 cut. Intinya, sebanyak apa cita-cita kita, sebanyak itu pula koleksi mp3 kita.
3.         Fahmul Mahfudz
Pahami. Kalau kita baca artinya, kan Al Qur`an itu terdiri dari bagian-bagian cerita. Nah, pahami. Pahami alur cerita dan setiap episodenya.
4.         Kitabatul Mahfudz
Sambil ditulis, sambil dihapal. Cocok banget untuk orang visual. Tulisnya sama persis dengan Al Qur’an yang kita baca --> Ini Aya nih, paling seneng Ulangan Semester Mata Pelajaran Agama Islam, sering keluar Essay nulis ulang doa, atau Ayat-ayat yang lumayan panjang, dan Alhamdulillah Aya lebih mudah seperti ini.
Setiap orang berbeda-beda. Ada yang kuat dalam satu pola, ada yang cocok dengan kombinasi pola. Ada juga yang level kesulitan suatu surat sangat tinggi, jadi butuh memakai keempat pola.
Apapun, yang terpenting dalam proses menghapal Al Quran adalah, nikmati prosesnya dan istiqomah. Dan menjadi hafidz atau hafidzah itu bukan tujuan, tapi proses yang terus berlanjut. Semangat!
Semoga Allah ijinkan Aya menyempurnakan impian satu ini.. Aaamiin
Re-share from : http://1hariitu24jam.wordpress.com/2013/03/31/pola-hifdzul-mahfudz/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Trims ya sudah berkenan ninggalin jejak di Memories of My Life .n_n.