SALAM MESSAGE .n_n.

Senin, 18 Maret 2013

PENYEBAB KEGAGALAN DALAM SKRIPSI

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kali ini Aya me-repost dari sebuah blog. Nanti, apabila Aya sudah kelar ngerjain skripsi milik Aya sendiri, akan Aya share semua pengalaman, pahit manis perjalanan skripsi Aya. In Syaa Allah.

Dalam menulis ini kita akan mencoba merekfleksi mengapa kita bisa gagal dalam menyelesaikan skripsi. Menjadi salah satu bukti yang dipaksakan yaitu bagi yang sudah kerja kebanyakan akan tertunda. Bukan untuk mencari kambing hitam atau pembenaran, hanya sebagai bahan renungan dan belajar kita.
Berikut penyebab kegagalan dalam mengerjakan skripsi yang sering kita temui atau bahkan kita pernah mengalaminya:
·         Malas, apabila penyakit malas ini menjangkiti kita, maka kita akan sering menunda pekerjaan kita. Apabila terus dipelihara akan terakumulasi dan menjadi kebiasaan yang tidak dirasakan lagi.
·         Menunda-nunda, ini juga sifat jelek. Kalau masih ada besok, waktunya masih lama buat apa dikerjakan hari ini. Sampai akhirnya tidak terasa waktu semakin dekat dan tidak bisa menyelesaikan dengan tekanan waktu.
·         Terlalu takut, ketakutan itu menjalari diri sendiri, tercipta oleh diri sendiri. Takut akan dosen pembimbing, takut salah, dan ketakutan yang lain. Alhasil semuanya menjadi terasa sulit karena bayang-bayang itu.
·         Kecanduan internet, tidak bisa dipungkiri, ini menjadi salah satu penyebabnya. Tidak bisa mengatur diri, mana yang harus diselesaikan dan mana kegiatan yang disukai. Saat mengerjakan sambil browsing, akhirnya pandangan teralihkan ke sosial media.
·         Awal yang buruk, mulai mengerjakan sudah di akhir-akhir jalan. Padahal termasuk tipe orang yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan dengan tenggang waktu yang mepet. Baru memulai 3 bulan yang lalu dan itupun tidak terus-menerus.
·         Kehilangan momentum, seperti sebuah motor yang sudah panas di awal karena sempat terhenti lama menjadi perlu waktu untuk panas lagi dan dapat berakselarasi maksimal. Begitu pula ketika kita terlalu lama berhenti setelah seminar desain operasional.
·         Tidak bisa fokus, jika orang bilang untuk menyelesaikan sesuatu maka harus fokus, merencanakan dan buat target. Ada permasalah internal dalam diri yang belum teratasi. Ataupun efek samping lain dari kerja nyambi kuliah. Apabila itu terjadi maka tingkat fokus kita akan berkurang.
·         Tergantung pada teman, siapa sih teman dekat itu? Rahasia!
Tentu masih banyak penyebab lain, beberapa hal di atas adalah yang paling sering kita temukan dalam kehidupan mahasiswa yang gagal dalam menyelesaikan skripsi (KEWAJIBANNYA). Mulai sekarang juga, ayo kawan-kawan bersemangatlah untuk menyelesaikan skripsi. Ingat kan pepatah lama ? Di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan.
 Sumber : SINI
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trims ya sudah berkenan ninggalin jejak di Memories of My Life .n_n.